2017, Bayi se- Bogor ber-KTP - bogordaily.net
BOGOR CITY

2017, Bayi se- Bogor ber-KTP

BOGORDAILY – Kota Bogor telah memberlakukan kebijakan pemerintah pusat mengenai kartu identitas bagi anak. Tahun ini KTP tak hanya untuk warga berusia di atas 17 tahun saja, namun sejak bayi lahir, sudah harus ber-KTP. Ini sementara berlaku untuk bayi yang lahir di 50 kota tertentu termasuk Kota Bogor.

Kemendagri sudah menganggarkan Rp 8,7 miliar untuk program ini. Namnya adalah Kartu Identitas Aanak (KIA) sebagai upaya untuk mendata penduduk sejak lahir hingga tiba pada usia berkewajiban memiliki KTP elektronik.

Di Kota Bogor sendiri KIA itu akan diberlakukan tahun depan. “Tahun 2017 awal baru akan kami buat, prosesnya nanti bisa melalui Kecamatan,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor, Dody Achdiat.

Aturan itu merujuk kebijakan Kementrian Dalam Negeri, bahwa akan menerbitkan KIA pada tahun 2016, baru akan terealisasi pada 2017 mendatang.

Dody menambahkan, KIA sama seperti KTP, tapi tidak menggunakan chip. “Cuma pakai barcode, untuk umur 0 sampai lima tahun, setelah lima tahun ada bikin lagi dari lima sampai 17 tahun, baru KTP seumur hidup,” ujarnya.

Walau begitu, dalam KIA ini identitas anak akan tetap dicantumkan selayaknya KTP, termasuk foto si bayi. KIA itu nantinya berfungsi untuk kepenting si anak, seperti membukan rekening.
“Biasanya kan nunjukkin kartu siswa saja kan, nah nanti pakai KIA,” katanya. (tri/bd)

Komentar Anda?

1 Comment

1 Comment

  1. Asep

    11 June 2017 at 05:49

    Saya 2017 ini mengurus pembuatan kk dan akte kelahiran anak saya,,tetapi ko tidak dapat/tidak diarahkan bahkan tidak di kasih tau oleh petugas terkait mengenai KIA, katanya kalo kita mengurus KK dan akte anak itu sudah pasti dapat KIA juga,,,mohon penjelasannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu