- bogordaily.net
HEADLINE

250 Polisi Datangi Kalijodo, Daeng Azis ‘Ngamuk’
BOGORDAILY- Penertiban Kalijodo makin panas. Ratusan polisi mendatangi kampung itu. Tokokh sental di kampung itu Daeng Azis pun ‘ngamuk’ dia mendatngi DPRD DKI Jakarta dan Komnas HAM. “Kapan dibuat jalur hijau? Kapan lebih duluan, jalur hijau atau hunian? Pengakuan masyarakat, mereka turun temurun lebih duluan di situ,” kata Daeng Aziz saat datang ke kantor DPRD DKI, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (15/2/2016).

Sementara, aparat kepolisian terus melakukan Operasi Cipta Kondisi di kawasan tersebut. Sasaran operasi adalah segala kerawanan yang berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. “Minggu ini mulai operasi cipta kondisi gabungan dari Satpol PP, Kodim dan Polres Jakarta Utara,” ujar Kapolres Jakarta Utara Kombes Daniel Bolly Tifaona kepada wartawan.

Adapun, sasaran operasi yakni senjata tajam, narkotika, perjudian dan prostitusi serta penyakit masyarakat lainnya. Di samping itu, Pemkot Jakut juga akan menggelar operasi yustisi di kawasan Kalijodo tersebut. “Jadi nanti Satpol PP melakukan operasi yustisi, nanti dilakukan pendataan terhadap warga maupun pengunjung,” imbuh Bolly.

Pihak kepolisian akan mem-back up penuh Pemprov DKI dalam kegiatan tersebut bersama dengan jajaran Kodim Jakarta Utara. Operasi ini bersifat humanis preventif. “Kami kerahkan sekitar 250-an personel untuk operasi ini,” tutup Bolly.

daeng azis

Sementara Daeng Aziz terus mencari dukungan penolakan rencana relokasi kawasan yang juga dijadikan tempat prostitusi. Daeng mempertanyakan alasan pembongkaran permukiman yang disebut karena melanggar kawasan jalur hijau. Pemprov DKI diminta mengkaji ulang wilayah-wilayah yang disebut masuk jalur hijau. Sebab warga menurut Daeng Aziz ada yang sudah bermukim selama puluhan tahun.

“Perlu dikaji, mana lebih duluan, jalur hijau dengan masyarakat yang berdomisili di situ selama 70 tahun. Saya datang kurang lebih 20 tahun lalu. Masyarakat berbangsa dan bernegara membutuhkan keadilan. Seasons City, Taman Anggrek, Teluk Intan statusnya sama dengan Kalijodo (jalur hijau-red). Kalau hanya Kalijodo yang dibongkar, masyarakat akan bertanya di mana keadilan?” gugat Daeng Aziz.

Daeng Aziz pagi tadi mampir ke Komnas HAM melaporkan rencana pembongkaran Kalijodo yang berada di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Dari Komnas HAM, Daeng menggunakan mobil Mercedes-Benz C 280 miliknya datang ke DPRD DKI Jakarta.

Maksud hati bertemu Wakil Ketua DPRD DKI Abraham Lunggana (Lulung), Daeng Aziz harus pulang lebih cepat dari DPRD. Dia tak bisa bertemu Lulung yang pernah bersuara menyinggung keberadaan Alexis, Malioboro dan Griya Sehat saat berbicara soal Kalijodo.

Di DPRD, Daeng Aziz mencoba menelepon Lulung. “Begitu… begitu…ya. Kasih tahu Pak Haji, bilang ini (Kalijodo) harus dipayungi terus,” kata Aziz berbicara dengan seseorang di sambungan telepon.

Tak diketahui siapa orang yang menjawab panggilan Daeng Aziz. Setelah percakapan telepon singkat, Aziz rombongannya lantas ‘balik kanan’ alias pulang ke Kalijodo.

Ahok memang berencana membongkar kawasan Kalijodo karena masuk dalam kawasan jalur hijau. Koordinasi pembongkaran dilakukan di Mapolda Metro Jaya dengan melibatkan ketua RT/RW setempat termasuk dari aparat keamanan.

“Ini (Kalijodo) kan memang jalur hijau, diperjualbelikan. Anda enggak mungkin membiarkan berpuluh-puluh tahun orang melanggar. Kalau orang itu melanggar bagaimana kita mau membereskan Waduk Pluit nanti,” imbuhnya.

Penggusuran ini dipastikan Ahok akan disertai dengan jaminan hunian pengganti bagi penghuni Kalijodo yang ber-KTP Jakarta. Selain itu, Pemprov DKI juga menyiapkan fasilitas berdagang untuk menyambung hidup warga.

“Untuk yang mau berdagang akan kita kasih ke UMKM atau PD Pasar Jaya. Yang mau tinggal, kita akan bagi di rumah susun yang ada. Kalau ada unit rusun yang kosong, maka akan kita bagi. Yang KTP-nya bukan Jakarta ya pulang kampung saja sudah,” tegas Ahok. (dtc)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu