Tuesday, 23 April 2024
HomeBeritaAnak Muda Asma? Nih 6 Cara Agar Reda

Anak Muda Asma? Nih 6 Cara Agar Reda

Bogordaily.net itu menyebalkan? sedikit aja langsung . Tapi tenang dulu, ada enam cara yang bisa dicoba agar mu membaik.
1. Jalan cepat

Sehat nggak harus ke gym. Kamu bisa mulai dari hal sederhana, misalnya latihan berjalan cepat. Latihan ini dapat dilakukan di mana pun, jadi nggak usah pusing memikirkan tempat dan alatnya. Berjalan cepat juga memiliki kelebihan dibandingkan dengan menggunakan treadmill, terutama jika kamu berlatih di pagi hari yang udaranya masih bersih.
Berlatihlah selama 30 menit dalam seminggu. Jangan lupa juga, sertai pemanasan dan pendinginan ya.

2. Yoga
Olahraga yoga sangat baik dilakukan para penderita , sebab fungsi utama beryoga adalah melatih pernapasan. Melatih pernapasan berarti membuat paru-parumu aktif. Rutin melaksanakan yoga dalam seminggu akan berpengaruh positif pada berkurangnya ketergantungan obat asmamu. Selain itu juga, beryoga dapat menenangkan hati dan pikiran, serta menyegarkanmu dari kepenatan dan rasa lelah dari aktivitas sehari-hari.

3. Bersepeda Santai
Kalau kamu udah jarang menggunakan sepeda, sekarang saatnya mulai bersepeda lagi. Bersepeda santai dengan jarak tempuh yang nggak terlalu jauh bisa melatih pernafasanmu dengan baik tanpa memperburuk kamu. Olahraga yang baik dilakukan saat pagi atau sore hari, jadi jangan lupa luangkan waktumu di saat itu ya.

4. Berenang
Berenang memang merupakan salah satu olahraga yang baik untuk pengidap . Udaranya yang lembab sangat bagus untuk pernapasanmu.
Renang nggak akan menghilangkan . Tapi paling tidak, gejala asmamu bisa terkurangi. Berenang juga memperbaiki kerja otot pernafasan dan meningkatkan toleransi tubuh pada hal-hal yang dapat menimbulkan gejala sewaktu-waktu. Namun, kamu perlu mewaspadai air kolam renang yang kandungan klorin atau kaporitnya berlebihan, karena ini dikhawatirkan menimbulkan gejala .

5. Main Voli
Olahraga voli sebenarnya merupakan olahraga yang memerlukan gerakan cepat. Namun, olahraga ini nggak membutuhkan banyak gerakan sehingga dianjurkan bagi penderita asma. Nah, kalau kamu melakukannya di pantai juga boleh banget karena kadar oksigen di pantai lebih tinggi dibandingkan di dataran tinggi. Jangan lupa pilih pantai yang memang bersih ya.

6. Senam aerobik
Olahraga senam aerobik ini sangat mudah dilakukan. Sebelum memulainya, kamu perlu melakukan pemanasan dan pendinginan setelahnya. Waktu untuk senam aerobik ini dilakukan bertahap, jadi nggak harus 1 jam. Olahraga yang hanya membutuhkan musik ini dapat kamu lakukan di dalam rumah sendirian.

Olahraga untuk penderita asma pada umumnya berpengaruh positif terhadap kinerja otot pernafasan dan mengurangi gejala asma. Namun, kalau kamu nggak tepat memilih olahraga apa yang tepat, maka akan memicu serangan asma, terutama saat kamu berada di wilayah yang tingkat kelembabannya rendah. Dengan memilih salah satu dari olahraga di atas, ini bisa dicegah.
Jangan lupa juga lakukan pemanasan sebelum dan pendinginan setelah olahraga ya. Ada baiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum rutin berolahraga. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here