FEATURE

Dari Kayu Bekas, Gitar Karya Dua Anak Muda Indonesia Ini Mendunia

BOGORDAILY- Wong Aksan dan Adi tak pernah menyangka akan sukses seperti hari ini. Gara-gar hobi bermain gitar kin keduanya jadi jutawan. Kini keduanya tengah fokus mengembangkan gitar dan piano berbahan baku kayu bekas dan kayu asli Indonesia.

Ditemui dalam acara pameran produk UKM di Gedung Smesco, beberapa gitar dipamerkan dengan kualitas suara tak kalah dibandingkan dengan gitar impor. “Usaha ini kita mulai pada bulan April 2015. Kita dengan bahan dasar kayu bekas. Jadi seperti kayu yang tumbang di Kebun Raya Bogor, itu kita manfaatkan untuk membuat gitar,” ujar Adi.

UKM dengan nama brand Indoensia’s Boutique Instrument (IBI) ini kini telah berhasil merambah pasar internasional. Menurut Adi, gitar yang dibanderol dengan harga hingga Rp36 juta ini banyak diminati oleh masyarakat di Korea.

“Harganya antara Rp8 juta hingga Rp36 juta. Saat ini kalau untuk keluar negeri telah kita jual hingga ke Korea. Bahkan lebih laku yang mahal di luar negeri dibanding di Indonesia,” ujar Adi yang juga merupakan sales IBI seperti dikutif Okezone.

Menariknya, UKM asal Jakarta ini juga dapat menerima pesanan sesuai kemauan dalam jumlah satuan. Syaratnya, pembeli harus bersedia menggunakan kayu lokal dalam gitar yang akan diproduksi. “Bisa custom juga, enggak perlu banyak. Satu juga bisa cuma syaratnya harus bersedia menggunakan kayu lokal,” jelasnya.

Saat ini, Adi mengaku mendapatkan omzet Rp50 juta per bulan dari penjualan alat musik berbahan bakar kayu. Sebagian besar pemesanan pun berasal dari Korea yang sangat tertarik dengan gitar buatan Indonesia ini.

“Untuk proses pembuatan sendiri butuh waktu dua hingga tiga bulan. Kalau untuk omzet sebulan bisa laku dua atau tiga gitar. Kira-kira Rp50 juta-an. Tapi yang banyak laku justru gitar yang mahal-mahal,” tandasnya.

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu