Di Bogor, Belanja Wajib Bawa Kantong Plastik Sendiri - bogordaily.net
BOGOR CITY

Di Bogor, Belanja Wajib Bawa Kantong Plastik Sendiri

BOGORDAILY – Mulai tanggal 21 Februari nanti, ibu-ibu rumah tangga di Kota Bogor wajib membawa kantog plastik sendiri jika ingin bebelanja. Meski payung hukumnya belum ada. “Soal payung hukumnya belum ada, kita belum menuju ke situ dalam menerapkan plastik berbayar di Kota Bogor,” kata Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bogor Lilis Sukartini, Senin (15/2).

Lilis menjelaskan payung hukum untuk menerapkan plastik berbayar di Kota Bogor tentu perlu dibuat. Hanya saja, lanjut dia, sebelum menuju ke tahap tersebut maka perlu dilakukan upaya tertentu ddahulu sebelumnya.

“Nanti kita akan membagikan angket kuesioner yang harus diisi oleh masyarakat. Ini untuk melihat setuju atau tidaknya mereka duberlakukan nominal plastik berbayar,” ungkap Lilis.

Jika sesuai rencana, sebelum tanggal 21 Februari 2016 angket tersebut akan segera disebarkan kepada warga Kota Bogor. Meskipun begitu, Lilis mengungkapkan Kota Bogor memang berkomitmen untuk penerapan plastik berbayar untuk mengurangi limbahnya.

Sementara itu, penerapan plastik berbayar juga sudah dilakukan di banyak negara. Seperti di 31 negara di Eropa, 18 negara di Afrika, 7 negara di Amerika dengan 132 Kota di Amerika Serikat, 12 kota di Australia, dan 14 negara di Asia termasuk salah satunya Malaysia.

Di Indonesia, rencananya sebanyak 17 kota akan menerapkan aturan plastik berbayar tersebut. Kota-kota tersebut seperti Jakarta, Bandung, Bekasi, Depok, Bogor, Tanggerang, Solo, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palembang, Medan, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, Ambon, dan Papua. (rep)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu