Friday, 26 April 2024
HomeBeritaHydroponik Bermodal Rp300 Ribu, Petani Ini Jadi Jutawan

Hydroponik Bermodal Rp300 Ribu, Petani Ini Jadi Jutawan

BOGORDIALY – Keuletan memang selalu membawa berkas, usaha apapun jika dogeluti serius pasti akan menguntungkan. Ungkapan itu pas untuk pasangan suami isteri yang bertani .

Bermodal Rp300 ribu hasil pinjaman pasangan ini kini jadi jutawan. Adalah Brian Deriansyah dan Diah Dinpuspasari yang awalnya hanya coba-coba, lalu ketagihan dan kini jadi bisnisnya.

Berawal dari sulitnya mencari sayuran untuk dimasak dikarenakan tempat tinggal yang jauh dari pasar, pasangan suami-istri Brian Deriansyah dan Diah Dinpuspasari mencoba untuk menanam sayuran di halaman rumah dengan menggunakan sistem hidroponik. Hidroponik sendiri dipilih karena tidak perlu memerlukan lahan yang luas untuk menanam sayuran. Cukup dengan air dan pupuk atau nutrisi akan menghasilkan tanaman yang jauh lebih baik dari tanaman biasanya.

Melihat tanaman yang sangat memerlukan pupuk maka berbekal lulusan Institut Pertanin Bogor (IPB), Diah mencoba untuk meracik sendiri pupuk hidroponik. Sementara Brian yang hobi dengan dunia blog memanfaatkannya untuk memasarkan produk mereka.

Bahkan dengan adanya MEA, Brian menyambut dengan sangat baik. “Dengan adanya MEA dapat membuka peluang untuk memperluas usaha ke mancanegara karena selama ini juga sudah banyak pesanan dari berbagai negara,”ujar Brian.

Hidroponik sendiri adalah budi daya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit dibanding kebutuhan air pada budi daya dengan tanah.

Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien sehingga dinilai cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air maupun lahan yang terbatas. Caranya pun cukup mudah hanya dengan botol plastik bekas sudah dapat menanam hidroponik.(okz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here