BARAT

Imlek, Hok Tek Bio Ciampea Bakti Bagikan Sembako untuk Umat Khonghucu

BOGORDIALY-Hujan yang hampir merata se Bogor, Umat Tionghoa di Desa Ciampea, Kecamatan Ciampea, tetap beribadah di Klenteng Hok Tek Bio meski hujan mengguyur.
Ketua Pelaksana Sinkiu menuturkan, perayaan Tahun Baru Imlek kali ini diisi dengan bakti sosial berupa pembagian sembako kepada umat Khonghucu yang berlatar belakang ekonomi lemah. “Ada juga umat yang mendatangi Klenteng untuk meminta ampunan kepada leluhurnya,” ujarnya.
Pada 2016 ini, dalam shio China merupakan tahun Monyet Api yang dimulai 8 Februari 2016 hingga 27 Januari 2017. “Monyet adalah tanda kesembilan dalam astrologi China, nomor 9, yang berarti ambisi, aktivitas, kecerdasan, kerusakan dan petualangan,” paparnya.
Usai Imlek, sambung Sinkiu, masyarakat Tionghoa melakukan beberapa kegiatan spritual, seperti gotong Taipekong atau Kimsin yang disimbolkan dengan patung leluhur.
“Perayaan Tapeikong sendiri dilaksanakan dua minggu setelah Imlek yang biasanya disimbolkan dengan menggotong Kimsin yang disimbolkan dengan Patung Hoktek Ceng Sin (Dewa Bumi,) Dewi Kwan In yang dikenal dengan sebutan Dewi Welas Asih atau Dewi Penolong,” tuturnya.
Sementara itu, salah satu jemaat warga Ciampea Andi mengaku sudah menjadi kebiasaannya datang ke Klenteng setiap tahun baru China bersama keluarganya. “Semoga tahun monyet api ini membawa keberuntungan untuk semuanya,” pungkasnya. (*/bd)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu