Kisah Dibalik Jatuhnya Pesawat Tonaco di Rumah Warga - bogordaily.net
HEADLINE

Kisah Dibalik Jatuhnya Pesawat Tonaco di Rumah Warga

tonaco2

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Agus Supriatna menyebut pesawat jatuh saat uji terbang setelah pemeliharaan. “Saya lagi ke sana untuk check, dan betul saat pilot melaksanakan test flight setelah pemeliharaan 300 jam terbang,” ujarnya.

Danlanud Abdulrachman Saleh Malang Marsekal Pertama Djoko Senoputro menjelaskan pesawat take off untuk melakukan test flight sekitar pukul 09.07 WIB. Pesawat sempat mencapai ketinggian 25 ribu, setelah itu turun ke 15 ribu. Pada pukul 10.07 WIB, pesawat hilang kontak. Pesawat ditemukan di kawasan Blimbing, Malang, Jatim, pukul 10.20 WIB.
Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Agus Supriatna menyebut, pilot pesawat EMB-314 Super Tucano yang jatuh di Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur, dalam kondisi kritis. Pilot sempat loncat dengan parasut sebelum pesawat tersebut jatuh.

“Pilot sempat loncat, tapi keadaannya kritis,” ujarnya. Pesawat latih tempur taktis itu diketahui dipiloti oleh Mayor Penerbang Ivy Safatillah.

Menurut Marsekal Agus, seorang teknisi yang ada di dalam pesawat mendampingi pilot juga dalam kondisi kritis. Ada satu warga yang dia ketahui turut menjadi korban.

“Korban ada tiga, satu pilot, satu teknisi dan seorang warga,” ujarnya. Marsekal Agus mengatakan, pesawat itu tengah melaksanakan uji terbang setelah pemeliharaan.
Seorang saksi mata yang tinggal tak jauh dari lokasi pesawat Super Tucano yang jatuh sempat melihat pesawat berputar.

Lia, salah seorang warga mendengar suara dentuman keras sekitar pukul 10.30 WIB. Jarak rumahnya dengan lokasi pesawat jatuh di Jl LA Sucipto, Blimbing, Malang, tak lebih dari satu kilometer. Berdasarkan penuturan satpam di dekat rumah yang melihat langsung, pesawat tersebut sempat berputar-putar sebelum jatuh.

“Satpam depan rumah lihat pesawat mutar-mutar sebelum jatuh, akhirnya dar!” katanya bercerita.

Pesawat latih Super Tucano jatuh di permukiman penduduk di Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (10/2/2016). Pesawat berkursi dua itu menimpa sebuah rumah.

Berdasarkan data dari kepolisian, pesawat tersebut menimpa sebuah rumah yang beralamat di Jl LA Sucipto RT 3 RW 5 Blimbing, Kota Malang. Rumah tersebut dimiliki oleh seorang bernama Mujianto.

Berdasarkan laporan tersebut, disebutkan ada seorang perempuan di dalam rumah saat kejadian. Perempuan itu dibawa ke RSSA Malang. (*/bd/dt)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu