INTERNASIONAL

Taiwan Gempa, 67 Tewas, 57 Orang Lenyap

BOGORDAILY- Kota Tainan di Taiwan Selatan digoyang gempa berkekuatan 6,7 skala Richter yang merobohkan sejumlah gedung bertingkat dan infrastruktur. Tiga warga negara Indonesia dilaporkan tewas saat kejadian. Total korban jiwa akibat gempa bumi itu tercatat 67 sampai pukul 21.48 waktu setempat, Kamis (11/2), dan 57 orang lagi belum ditemukan.

Gedung 16-lantai Wei Guan ambruk ke arah jalanan di sisi timur beberapa detik setelah gempa, demikian keterangan resmi terkini mengenai korban jiwa, sebagaimana dilaporkan Xinhua, Jumat pagi. Sebanyak 238 orang diselamatkan dari gedung itu, tapi 57 orang masih belum ditemukan hampir enam hari setelah gempa.

Gempa tersebut, yang oleh Lembaga Gempa Bumi Tiongkok dicata memiliki kekuatan 6,7 pada Skala Richter, mengguncang Taiwan Selatan pada pukul 03.57 pada Sabtu, cuma dua hari sebelum Tahun Baru Tionghoa, Imlek.

Petugas pertolongan yang melancarkan upaya pencarian segera setelah gempa dan masih bekerja keras untuk melucuti gedung itu dan mencari orang yang hilang. Tapi lebih dari tiga hari berlalu sejak penyintas sebelumnya diselamatkan, demikian Xinhua.
Di Kabupaten Tainan terdapat sekitar 16.000 WNI yang mayoritas bekerja di sektor manufaktur dan perawat orang tua jompo. Selain Tainan, wilayah di selatan Taiwan yang terkena dampak gempa bumi terparah adalah Kota Kaohsiung dan Kabupaten Pingtung. Di kedua daerah itu juga banyak pekerja asal Indonesia.

“Sejauh ini teman-teman BMI (buruh migran Indonesia) di wilayah kami, Alhamdulillah dalam keadaan sehat wal afiat semua,” kata Dian Sidik Ramadhani, nelayan Indonesia yang berpangkalan di Pelabuhan Donggang, Kabupaten Pintung, seperti dikutif Antara.

Kalangan WNI, baik pekerja maupun pelajar, saling memberikan informasi mengenai kondisi mereka masing-masing sejak peristiwa itu terjadi pada pukul 03.54 waktu setempat hingga kini.

Pusat gempa tersebut berada sekitar 27 kilometer di timur laut Kabupaten Pingtung dengan kedalaman 16,7 kilometer.

Jumlah korban akibat gempa bumi pada musim dingin di negara kepulauan berjuluk “Formosa” tersebut diperkirakan akan terus bertambah.

Dari tahun ke tahun jumlah WNI di Taiwan terus bertambah dengan perincian 250.000 pekerja, 3.500 pelajar, dan 4.500 menikah dengan warga negara Taiwan.

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu