SELATAN

Tol Ciawi-Sukabumi Bakal Molor

BOGORDAILY- Pembangunan Tol Ciawi-Sukabumi (Cisuka) sepanjang 15 km yang direncanakan rampung pada akhir 2016 mendatang, sepertinya tidak akan terealisasi tepat waktu. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, di antaranya masih terhambatnya proses pembebasan tanah di wilayah Desa Watesjaya, Kecamatan Cigombong.
Hal tersebut diungkapkan salah satu warga yang namanya enggan dikorankan. Dirinya menjadi salah satu pemilik lahan yang tanahnya terkena pembangunan Tol Cisuka. Dia membeberkan,

Proses pemberkasan di tingkat desa yang rumit jadi salah satu alasan pembebasan lahan tak karuan. Beberapa pemilik bidang tanah di wilayah Desa Watesjaya, proses pengajuan ke pihak Tim Pembebasan Tanah (TPT) terhambat.

“Untuk membuat kelengkapan berkas saja, saya sampai beberapa minggu menunggu tanda tangan dari kepala desa. Setelah selesai ditandatangani, surat-suratnya ditulis expired (masa sudah kadaluarsa, red). Saya tidak paham, kenapa mengurus ini saja begitu butuh waktu lama,” ujar salah satu pemilik lahan yang terkena pembebasan.
Dalam proses pemberkasan sendiri, pemilik lahan harus melengkapi beberapa berkas seperti surat keterangan tidak sengketa, surat keterangan riwayat lahan hingga salinan leter C. Kendati demikian, pemerintah desa (pemdes) seperti mempersulit pemberkasan yang dilakukan pemilik lahan.

Bupati Bogor Nurhayanti mengatakan, dia akan menelusuri permasalahan itu. Dia menegaskan, tidak ada yang boleh menghalangi program pemerintah, yakni, pembangunan Tol Cisuka. “Kami akan kroscek dan telusuri kebenarannya. Sebab, kita ingin Tol Cisuka ini segera rampung agar jalan yang mengarah ke Sukabumi tidak macet,” imbuhnya.
Staf Desa Watesjaya Ita Rosita mengungkapkan, pemdes tidak pernah menghambat ataupun mempersulit proses pemberkasan. “Yang sudah diberkaskan pemdes, silakan jika ada yang mau tanda tangan, asalkan surat tanahnya sudah lengkap. Sebab di sini sangat berdekatan dengan tanah agro, jadi harus jelas status tanahnya,” katanya.

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu