Thursday, 28 March 2024
HomeTravellingKenapa Roda Belakang Truk Trailer Sering Diangkat? Ini Jawabannya

Kenapa Roda Belakang Truk Trailer Sering Diangkat? Ini Jawabannya

BOGORDAILY – Ketika kita sedang berkendara di jalan raya, terkadang kita menemukan besar dengan ban yang terangkat keatas, biasanya hanya satu pasang roda bagian paling belakang, tergantung dengan dan muatannya. Namun, taukah anda kalau hal tersebut mempunyai manfaat yang sangat baik untuk itu sendiri.

Banyak yang bertanya, kenapa roda mengangkat sebagian.

Berikut ini jawabannya. Alasan dari terangkatnya roda tersebut adalah, untuk menghemat konsumsi bahan bakar ketika melaju tanpa beban, selain itu fungsi lainnya juga untuk menghemat keausan ban, sehingga bisa lebih tahan lama. Kalau biasanya yang terangkat adalah axle paling belakang dan saat kondisi dalam keadaan kosong tanpa muatan.

Biasanya yang bisa mengangkat axle nya seperti itu merupakan besar yang mempunyai lebih dari tiga axle dalam satu . Teknologi pengangkat ban tersebut dinamakan Tandem Axle Lift dengan suspensi udara disetiap axlenya (ada 4 air suspension dalam satu axle). Tidak cukup hanya dengan air suspension saja, tetapi juga ada sistem lift nya, yang berguna untuk mengangkat as roda keatas.

Tidak hanya ada dalam teknologi Tandem Axle Lift ini, karena sudah banyak di implementasikan pada trailer-trailer yang mempunyai banyak roda. Ini tentu sangat bermanfaat untuk perusahaan dalam menghemat biaya pengeluaran pada ban itu sendiri.

Sumber: indotrucker.com

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here