Kapan Terwujudnya? Pemekaran Kabupaten Bogor Barat Berhembus Lagi. Begini Kata Wagub Jabar! - bogordaily.net
NASIONAL

Kapan Terwujudnya? Pemekaran Kabupaten Bogor Barat Berhembus Lagi. Begini Kata Wagub Jabar!

BOGORDAILY – Pemekaran Kabupaten Bogor Barat kembali jadi isu hangat. Tiga wilayah di Jawabarat dipastikan bakal segera menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) alias Kabupaten Baru.

Tiga wilayah itu yakni, Kabupaten Bogor Barat, Sukabumi Utara dan Garut Selatan.

“Semuanya sudah memungkinkan dengan baik, hanya beberapa yang perlu digaris bawahi, yaitu batas wilayah, ini harus betul-betul kongkrit jelas koordinatnya,” kata Wakil Gubernur Jabar, Deddy Mizwar Deddy kepada wartawan.

Menurutnya, aset daerah pemekaran harus rinci dan detail, mana aset milik kabupaten yang baru dan mana yang lama.

“Jangan seperti Tasikmalaya dan Bekasi itu berbuntut jadi rebutan, dan tidak digunakan apa-apa,” katanya.

Karena asetnya tak jelas, kata dia, jadi asetnya mubazir tidak digunakan untuk pelayanan masyarakat. Namun, untuk kepentingan pemerintah. Kondisi ini keliru, makanya dua hal tadi batas wilayah dan koordinatnya yang terinci dan pembagian asetnya yang jelas.

“Yang DBO ada 3 wilayah, Garut selatan, Sukabumi Utara dan Bogor Barat. Ini udah lama, mestinya harus segera,” katanya.

Tapi, kata dia, Kemendagri telah menyatakan bahwa ada 940 pengajuan daerah otonomi baru. Tahun ini, hanya 50 yang disetujui. Deddy berharap, proses pemekaran ketiga daerah tersebut akan dilakukan cepat. Saat ini, Jabar sudah ketinggalan pemekarannya kalau dibandingkan Jawa Tengah, apalagi dengan Jawa Timur.

“Semestinya, Kemendagri mendahulukan 3 DOB di Jabar. Karena jumah penduduk dan luas wilayah, kita ketinggalan pemekaran dengan Jateng dan Jatim,” katanya.

Pemekaran, kata dia, harus dilakukan untuk mendorong kesejahteran di daerah yang penduduknya terbesar dan terpadat seperti ketiga daerah tersebut. Jadi, seharusnya didahulkan.

“Kalau proses pemekaran di tingkat provinsi sudah selesai tinggal di pusat,” katanya. (bdn/rep)

Komentar Anda?

1 Comment

1 Comment

  1. D.Lukman

    4 August 2016 at 09:44

    Untuk DOB Kabupaten Bogor Barat Tidak ada alasan untuk tidak direalisasikan Tahun ini, karena ini sangat mendesak dengan pesatnya pembangunan di wilayah ini, ditinjau dari sisi manapun sudah sangat layak untuk dimekarkan kalau anda tidak percaya coba anda sesekali main ke arah bogor barat lihat perkembangan pada hari sabtu atau minggu,macetnya minta ampun akibat bermunculannya Pengembang Perumahan-perumahan baru belum tempat wiasatanya,SDM nya hasil alamnya(jangan berbicara Antam ya bentar lagi juga habis)pokoke setuju deh..yang tidak setuju mah itu yang punya konflik kepentingan takut kue nay jadi sedikit.hehehe…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu