NASIONAL

Daging Impor Swasta Gempur Pasar

BOGORDAILY – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, kemarin (Kamis, 16/6), menggelar rapat terbatas dengan lebih dari 30 perusahaan importir daging, di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta.

“Mereka akan menyiapkan 6.110 ton daging beku yang akan disebar dalam kurun waktu 2 minggu menjelang Hari Raya Idul Fitri,” ujar Amran seusai pertemuan.

Mayoritas dari jumlah yang setara dengan 36 ribu ekor sapi tersebut akan didistribusikan di daerah Jabodetabek guna mencukupi kebutuhan masyarakat.

Sejumlah importir turut berkontribusi dalam penambahan pasokan daging sapi beku, di antaranya PT Agroboga Utama, PT Mentari Tunggal, PT Anzindo Gratia Internasional, PT Abid Global Food Suplies, PT Berkah Mandiri Prima, CV Cahaya Karya Indah, PT Charoen Pokphan Indonesia, PT Indogizi Utama, PT Indoguna Utama, PT Suri Nusantara Jaya, PT Rita Jaya Beef, PT Sundaka Djaya, dan PT Berdikari. Para importir tersebut siap melakukan operasi pasar daging beku dengan harga Rp80 ribu sampai Rp76 ribu per kilogram.

“Mereka mengaku sudah meraup untung Rp10.000 per kilogram,” ujar Mentan.

Menurut dia, distribusi daging akan memanfaatkan Toko Tani Indonesia maupun fasilitas Bulog. Amran berharap sinergi yang terjalin dari berbagai pihak dapat mengatasi permasalahan harga pangan, terutama daging sapi. Ia juga mengungkapkan impor salah satu komoditas utama itu akan terus dilakukan sampai target harga Rp80 ribu yang diminta Presiden Joko Widodo tercapai. “Kita akan terus lakukan. Semoga tercapai dalam waktu yang tidak terlalu lama.”

Amran pun mengakui daging sapi yang digelontorkan para importir itu merupakan stok daging yang semestinya dikeluarkan bulan depan. Oleh karena itu, pemerintah akan menggantinya dengan penambahan kuota daging sapi 10 ribu ton yang seharusnya masuk dalam periode triwulan III 2016.

Dia menyatakan, untuk merealisasikan hal itu, pihaknya memang harus mengubah regulasi yang ada. “Intinya sekarang ini kita tambah rekomendasi jadi yang ada di gudang dikeluarkan semua. Tentu yang industri juga tidak boleh kosong. Jadi yang untuk bulan depan kita keluarkan sekarang,” katanya. (BD)

Komentar Anda?

1 Comment

1 Comment

  1. jual sapi qurban

    18 March 2017 at 08:02

    Bismillah Dengan ini kami sampaikan bahwa kami
    akan memulai melayani pemesanan Hewan Kurban untuk tahun 2015/1436 H.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu