TRAVEL

Mudik Dan Pembangunan Infrastruktur yang Lamban

BOGORDAILY – Mudik adalah istilah tradisi unik tahunan menjelang Idul Fitri yang mungkin hanya ada di Indonesia yang penuh makna.

Maksud dari penuh makna, yaitu momen mudik ini merupakan jalan untuk berkumpul dengan sanak keluarga, silaturahim dengan sahabat, bercengkerama dan nostalgia masa lalu.

Setelah cukup lama hidup di perantauan dan rindu akan kampung halaman, pasti dengan kondisi ataupun dalam keadaan apa pun menyempatkan diri untuk mudik.

Namun, euforia dan kegembiraan mudik akan sedikit terusik ketika dalam perjalanan macet.

Ribuan kendaraan bertumpah ruah turun ke jalan sehingga volume kendaraan meningkat, ditambah lagi proyek perbaikan jalan yang kadang tak pernah rampung.

Mudik dan macet bukanlah hal baru di Indonesia, dari dulu hingga sekarang, problem ini tak kunjung terselesaikan.

Sikap pemegang kebijakan pun cenderung lamban dan kurang terarah, hal ini bisa dilihat dari perbaikan infrastruktur yang dilakukan saat mudik menjelang.

Perbaikan infrastruktur menjelang mudik tiba bukanlah hal baru di negeri ini, bahkan sudah menjadi tradisi proyek tahunan.

Itu pun pengerjaannya sangat lamban dan sering tidak selesai sesuai target. Perbaikan yang dilakukan dengan alih-alih meminimalkan macet, justru yang terjadi malah kemacetan semakin parah.

Saya kira pemangku kepentingan sudah saatnya berbenah, persiapan yang matang dan memprediksi apa saja yang akan terjadi ketika mudik berlangsung.

Mulai dari ancaman jalan rusak, bencana, hingga volume kendaraan yang setiap tahun terus meningkat.

Oleh karena itu, sudah saatnya merancang program dan melaksanakannya sedini mungkin.

Apa tidak bosan masuk ke lubang yang sama untuk yang ke sekian kalinya? (BD)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu