NASIONAL

Terlalu Fokus di Daging Sapi, Harga Buah Malah Tak Karuan

BOGORDAILY – Pemerint fokus menstabilkan harga pangan seperti daging sapi,ayam, beras, bawang dan cabai, selama puasa dan Lebaran 2016. Tapi lupa bahwa ada satu komoditas pangan lain yaitu buah, dimana harganya saat ini cukup tinggi.

Asosiasi Eksportir-Importir Buah dan Sayuran Segar Indonesia (Aseibssindo) mengungkap, gejolak harga buah luar biasa baru terjadi tahun ini. Dimana, harga sudah tinggi sebelum puasa tiba. Artinya, terjadi demand yang besar namun supply tetap, tidak ada penambahan.

Ketua Aseibssindo Khafid Sitoruddin mengatakan, soal harga kenaikan bervariatif tidak bisa ditetapkan satu persatu karena jenis buah yang bermacam-macam. Seperti halnya apel harganya ada yang Rp20 ribu per kg sampai ratusan ribu per kg.

“Namun yang pasti, buah seperti apel malang saja yang harganya Rp200 ribu per box isi 19 kg-20 kg sekarang harganya sudah Rp500 ribu. Artinya, ada kenaikan harga yang luar bisa dan bisa cek langsung dilapangan langsung apakah benar buah naiknya ga karu-karuan,” ujarnya dililansir Okezone.

Menurutnya, guna tetap menjaga harga yang tidak berbeda jauh, akhirnya teman-teman pedagang buah di pasar membeli buah dengan ukuran yang lebih kecil, supaya dapat menjual dengan harga tak terlalu tinggi. Bila per box apel malang per box 20 kg isinya 120-135 buah, diganti per box 20 kg dengan isi 198 buah.

“Jadi sekarang malah yang laku sekilo isinya banyak. Kemudian karena harga tinggi dan tetap bisa menjual dengan selisih harga tipis dari biasanya, dipaketin isi buahnya,”ujarnya.

Menurutnya, kenaikan harga buah dikarenakan managent pangan khususnya buah tidak disempurnakan pemerintah. Misalnya, Kementerian Pertanian (Kementan) menyatakan bahwa buah seperti jeruk sudah surplus, tolong tunjukan kepada pelaku usaha buah dimana buahnya, berapa banyak buahnya, dan siapa petaninya.

“Jika benar coba tunjukan. Karena sekarang ini kenaikan harga yang tidak karuan yang terjadi dalam dua tahun terakhir ini dikarenakan tidak jelasnya management pangan,” tandasnya. (BD)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu