NEWS

Dibanding IPK, Soft Skill Lebih Tentukan Kesuksesan Kerja

BOGORDAILY – Berlomba-lomba meraih indeks prestasi kumulatif (IPK) tinggi menjadi tujuan sebagian besar mahasiswa. Sayangnya, fokus mengejar IPK kerap membuat mahasiswa lupa mengembangkan kemampuan soft skill.

Pada pembekalan lulusan Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) Periode I, Vice President Stakeholder Relation PT Pertamina (Persero), Dr Syahrial Mukhtar menyebut, selama kuliah di kampus, mahasiswa lebih banyak mendapat hard skill dibanding soft skill.

Padahal, keberhasilan di dunia kerja atau perusahaan lebih ditentukan aspek soft skill.

“Dalam dunia kerja yang sangat dipentingkan adalah soft skill. Soft skill adalah modal utama untuk suksesnya seseorang, karena tidak lebih dari 20 persen saja ilmu yang didapat di kampus nantinya bisa dipakai,” tuturnya disitat dari laman UGM, Sabtu (22/10/2016).

Dia menjelaskan, soft skill mampu membuat seseorang menjadi pemimpin (leader). Hal ini yang dicari oleh perusahaan ketimbang lulusan yang hanya punya IPK tinggi. Bahkan, kata Syahrial, soft skill akan mengantarkan seseorang menjadi tranformer sebagai pelaku perubahan.

“Values ini adalah nilai-nilai soft skill yang menentukan keberhasilan perusahaan dalam menghadapi tantangan di dunia bisnis. Ada tiga values yang harus kita cermati agar kita berhasil, yakni integritas, kreativitas, dan diversiti,” paparnya.

Alumnus Magister Manageman UGM 1988-2000 itu mengungkapkan, kepemilikan soft skill semakin penting dalam menyambut era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), termasuk dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi.

“Tentu saja kita melihat sebagai peluang, makanya kita harus siap dengan segala kapasitas yang dimiliki. Ini fenomena yang mau tidak mau harus dicermati,” ucapnya.

Syahrial menambahkan, saat ini hadirnya digital ekonomi memberi pengaruh besar bagi pertumbuhan ekonomi. Tak heran jika semua bisnis sudah menggunakan itu, contohnya e-commerce.

“Sementara dalam dunia pendidikan menggunakan e-gov dan di dunia kedokteran menggunakan medical record,” pungkasnya. (Okezone)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu