NASIONAL

Kejuaraan Silat Resmi Dibuka, Indonesia Siap Bersaing dengan 39 Negara Peserta

BOGORDAILY – Presiden Persatuan Pencak Silat Antar Bangsa (Persilat) Prabowo Subianto bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi secara resmi membuka Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2016 di GOR Lila Bhuana, Denpasar, Sabtu (3/12/2016) malam. Ajang tersebut akan di selenggarakan dari 4-8 Desember ini.

Kejuaraan dunia pencak silat yang sudah lima kali digelar di Indonesia ini akan diikuti oleh 40 negara peserta. Imam berharap pencak silat bisa semakin disebarluaskan ke negara lainnya agar mendapatkan dukungan menjadi salah satu olahraga dalam Olimpiade.

“Untuk bisa menjadi cabang olahraga Olimpiade perlu didukung oleh 70 negara anggota IOC (Komite Olimpiade Internasional). Pengembangan pencak silat ke seluruh dunia tidak bisa ditawar lagi dan perlu dikawal secara bersama-sama. Kejuaraan dunia ini bisa menjadi momentum,” ungkapnya.

Sementara itu, Prabowo berharap ajang ini bukan hanya menghasilkan juara dunia, tapi juga mampu mempromosikan nilai-nilai yang dipegang oleh pendekar silat. Beberapa nilai tersebut antara lain mempertahankan kejujuran, keadilan, membela kebenaran serta membela sosok yang lemah. “Yang berjiwa sportiflah yang layak menjadi juara dunia,” ungkapnya.

Sebanyak 30 pesilat Indonesia siap berlaga untuk meraih prestasi tertinggi dalam kejuaraan edisi ke-17 ini. Demi meraih hasil terbaik, mereka sudah menjalani adaptasi selama satu pekan di Pulau Dewata.

“Kita tinggal sedikit lagi menuju pertandingan, jadi anak-anak masuk fase tapering. Jadi mereka memasuki fase pemulihan, mulai dengan program recovery massage dan juga latihan ringan. Mudah mudahan saat bertanding nanti bisa sampai di puncak performa,” kata Ronny Saifullah, Pelatih Kepala Timnas Silat Indonesia.

“Artinya secara persiapan anak-anak sudah siap, tinggal masalah mental juara. Nanti akan kita sentuh pada fase-fase akhir untuk mentalitas juara mereka. Karena di sesi akhir ini sangat penting sekali, bagaimana kita meyakinkan mereka punya modal yang kuat untuk menadi juara dunia mulai fisik dan mentalnya,” pungkasnya.

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu