Alasan UGM Belum Masuk Jajaran Kampus Dunia - bogordaily.net
SUKSES

Alasan UGM Belum Masuk Jajaran Kampus Dunia

BOGORDAILY – Perguruan tinggi di Indonesia sedang didorong pemerintah untuk bisa masuk jajaran kampus dunia. Hal itu tidak terkecuali dengan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Kampus yang berada di Yogyakarta ini memang belum masuk daftar kampus kelas dunia. Namun Rektor UGM, Dwikorita Karnawati, memiliki alasan mengapa kampus yang dipimpinnya tersebut belum masuk kelas dunia.

“Pada 2010, kami memutuskan tidak lagi mengirimkan data ke QS, karena kami ingin fokus sebagai universitas kerakyatan. Sedangkan untuk mengikuti ranking dunia itu, tidak ada korelasinya dengan universitas kerakyatan,” ungkapnya di Gedung Dikti, Jakarta, belum lama ini.

Dwikorita menjelaskan, pada 2008, UGM pernah masuk daftar 300 kampus kelas dunia. Ranking tersebut semakin naik dengan berada di posisi 200-an.

”Nah, setelah UGM masuk ranking 300 dunia, kami memutuskan untuk tidak lagi memasukkan data. Jadi, 2010 tidak mengikuti ranking,” ujarnya.

Meskipun UGM sudah tidak lagi mengirim data yang akan digunakan untuk pemeringkatan di kelas dunia, QS tetap melakukan penilaian yakni dengan menggunakan data-data lima tahun terakhir. “Ternyata mereka tetap menilai UGM,” imbuh Dwikorita.

Alumnus University of Leeds ini menerangkan, salah satu kriteria kampus bisa masuk jajaran top dunia yakni melalui kegiatan publikasinya. Publikasi tersebut pun harus ditulis.

“Tapi untuk universitas kerakyatan itu menulis tidak penting. Yang terpenting adalah bagaimana penelitian tersebut bisa diaplikasikan ke masyarakat yakni ke desa-desa,” jelasnya.

Sehingga kegiatan pengabdian itu tidak masuk kriteria penilaian perangkingan dunia. “Jadi yang dikejar di ranking itu tidak ada korelasi dengan semangat kerakyatannya,” ucap dia.(Amn)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu