Bus Wisata ala Bogor 'Uncal' Diuji Coba, Siap Dioperasikan Pekan Depan - bogordaily.net
BOGOR CITY

Bus Wisata ala Bogor ‘Uncal’ Diuji Coba, Siap Dioperasikan Pekan Depan

BOGORDAILY – Pada malam tahun baru 2017 lalu, warga Kota Bogor mendapat hadiah istimewa berupa bus wisata bernama “Uncal”. Kehadiran bus dengan kapasitas 25 tempat duduk ini diharapkan dapat menambah kenyamanan wisatawan yang ingin berkeliling ke beberapa titik lokasi wisata Kota Bogor.

Sebelum dioperasikan untuk masyarakat umum, Walikota Bogor Bima Arya melakukan uji coba langsung bus yang merupakan sumbangan dari salah satu bank milik pemerintah ini. Dia dan rombongan berkeliling Kota Bogor bersama warga, Sabtu (7/1/2017). Dalam uji coba, Bima Arya sempat memberikan informasi tentang beberapa tempat yang dilewati, tak ubahnya seperti seorang guide atau pemandu wisata.

“Taman Heulang itu baru diresmikan 2016. Dulu sebelum direnovasi tidak seramai seperti sekarang. Tapi setelah taman ini jadi, banyak sekali warga yang menghabiskan waktu di taman ini,” kata Bima saat bus melintas di Taman Heulang, yang berlokasi di Jalan Pemuda, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

Rute yang dilalui bus Uncal antara lain, Taman Air Mancur di Jalan Sudirman, Taman Heulang di Jalan Pemuda, Taman Sempur di Jalan Jalak Harupat, Taman Kencana di Jalan Salak, Tugu Kujang, Jalan Otista dengan tujuan akhir Balai Kota Bogor.

“Sementara busnya belum bertambah, jadi rutenya seperti itu. Point to point, dari Balai Kota ke Balaikota. Berhenti di dua titik, pertama di Taman Kencana, kedua di Tugu Kujang,” kata Bima Arya di sela uji coba bus Uncal.

“Ini sementara, nanti kalau busnya sudah bertambah, rute juga akan di tambah, atau titik pemberhentian ditambah juga,” imbuhnya.
Bima Arya menambahkan bus Uncal akan beroperasi setiap hari Jum’at dan Sabtu. Tidak dipungut biaya untuk naik bis ini.

“Hari ini sampai besok itu masih uji coba. Bus Uncal akan beroperasi untuk umum mulai pekan depan, setiap hari Sabtu dan Minggu. Jadwalnya nanti disesuaikan, tiga kali dalam sehari,” kata Bima Arya.

Namun untuk saat ini, bis wisata Uncal yang bisa beroperasi hanya satu unit. Sehingga, kata Bima Arya, bagi warga yang ingin menikmati Kota Bogor sambil menumpang bis Uncal harus mendaftar untuk booking. “Untuk antisipasi membeludaknya warga yang ingin naik bus wisata Uncal, nanti akan diatur dengan sistem reservasi. Jadi kalau mau naik, silakan pesan dulu. Nanti berkumpul di Balaikota Bogor. Ini kapasitasnya terbatas,” kata Bima Arya.

“Untuk cara reservasinya, nanti disampaikan,” imbuhnya.

Bima Arya berharap, selain memberi kenyamanan bagi warga dan wisatawan, kehadiran bis Uncal ini juga dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan. “Jadi bis ini juga ditujukan untuk mengurangi kemacetan, mendorong orang untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi ketika masuk Bogor. Sekarang ini kan 300 ribu warga Jakarta masuk Bogor pada Sabtu dan Minggu, sebagian besar menggunakan kendaraan pribadi, itu yang bikin macet. Jadi ke depan kita berharap kalau mau ke Bogor tinggal naik bis dari Jakarta, berhenti di terminal, setelah itu naik bus Uncal berkeliling Kota Bogor,” kata Bima Arya.

(detik)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu