Tingkat Curanmor Meningkat, Daerah Perbatasan Cibinong Diwaspadai! - bogordaily.net
BOGOR AREA

Tingkat Curanmor Meningkat, Daerah Perbatasan Cibinong Diwaspadai!

BOGORDAILY – Komplotan pencuri kendaraan bermotor menyasar wilayah perbatasan Cibinong Kabupaten Bogor. Kepala Polisi Sektor Cibinong Hida Tjahjono mengaku menangani beberapa laporan tindak kejahatan serupa selama Januari 2017. Menurutnya, kualitas bobot pidana pada kasus-kasus yang ditanganinya mengalami peningkatan.

“(Dibandingkan bulan yang sama tahun lalu) secara kualitas ada peningkatan karena tahun ini didominasi kasus C3 (pencurian kendaraan bermotor dengan kekerasan dan pemberatan),” kata Hida di markasnya, Rabu (25/1/2017). Sedangkan secara kuantitas ia menyebut jumlah kasus yang ditangani selama Januari 2017 menurun (8 kasus) dibandingkan 2016 (22 kasus).

Selain mencuri, para pelaku juga tak segan melukai bahkan membunuh korbannya. Bila dilihat dari alat dan metode yang dilakukannya, Hida menduga para pelaku sudah cukup ahli dalam melakukan pencurian. Salah seorang di antaranya juga diketahui sebagai residivis untuk kasus yang sama.

Aparat Polsek Cibinong menangkap dua kelompok pencuri kendaraan roda empat dan sepeda motor. Polisi mengaku masih memburu dua komplotan lain yang diduga terlibat dalam berbagai kasus pencurian kendaraan bermotor di wilayah Cibinong.

Kelompok pencuri sepeda motor yang tertangkap petugas, kata Hida, biasa menggunakan kunci T dalam melakukan aksinya. Sementara pencuri kendaraan roda empat mengaku menggunakan modus berkenalan dengan korbannya terlebih dulu. Pelaku langsung membawa kabur mobil saat korban lengah.

Pelaku berinisial K asal Surabaya mengaku sudah pernah melakukan modus yang sama sebelumnya. “Mobil curian itu dijual di Cilegon. Hasilnya untuk kebutuhan sehari-hari keluarga,” katanya saat ditanya di hadapan petugas Polsek Cibinong. Setelah membawa kabur mobil milik korban, pelaku malah menabrak pejalan kaki hingga jadi bulan-bulanan warga dan diamankan petugas.

Penelusuran jaringan penadah kendaraan hasil curian itu dilakukan polisi lewat razia di jalan raya. Polisi, kata Hida menemukan banyak sepeda motor tanpa dokumen yang lengkap dan resmi sehingga petugas pun menyitanya untuk mengembangkan penyelidikan pelaku pencurian dan penadahan hasil curiannya.

“Ada sekitar 15 unit kendaraan roda dua yang kita sita karena dianggap bodong,” kata Hida. Ia berjanji akan menelusuri juga indentitas pemilik resmi kendaraan tersebut paling lambat akhir pekan ini. Para tersangka menurutnya diancam hukuman penjara rata-rata di atas lima tahun, bahkan pelaku pembunuhan maksimal dikurung seumur hidup.

PIKIRANRAKYAT

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu