Thursday, 18 April 2024
HomeNasionalWow, GMBI Copot Irjen Anton Charliyan dari Jabatan Dewan Pembina!!

Wow, GMBI Copot Irjen Anton Charliyan dari Jabatan Dewan Pembina!!

BOGORDAILY- Kapolda Jawa Barat Irjen Anton Charliyan dinonaktifkan dari jabatan Ketua Dewan Pembina LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (). Langkah itu dilakukan untuk menjaga netralitas dalam proses penyidikan kasus Imam Besar FPI Habib Rizieq oleh Polda Jabar yang berujung pada bentrokan antar dua kubu tersebut.

Keputusan penonaktifan Anton itu tertuang dalam surat keputusan Nomor: 01-khusus/SK/DPP LSM /I/2017. Surat keputusan itu ditandatangani langsung ketua umum M Fauzan Rachman.

“Terhitung hari ini, berdasarkan hasil rapat DPP LSM dan keputusan ketua umum, kedudukan ketua dewan pembina atas nama Irjen Pol Anton Charliyan dinyatakan demisioner. Artinya dinonaktifkan,” ujar Asisten Bidang Hukum DPP LSM , Fidelis Giawa, kepada wartawan di kantor , Jalan Dalemkaum, Bandung, Sabtu (21/1/2017).

Menurut Fidel, penonaktifan Anton ini dilatarbelakangi asumsi masyarakat yang mengaitkan Anton sebagai Kapolda Jabar menjadi pelindung . Kedudukan Anton yang juga sebagai pembina dinilai lebih condong kepada pasca bentrokan antar dua kubu dan FPI usai pemeriksaan Habib Rizieq di depan Mapolda Jabar beberapa waktu lalu.

“Sehingga kami perlu untuk menjaga objektifitas, netralitas, dan kepastian hukum. Kami ingin kasus Rizieq ini murni proses hukum,” katanya.

Fidel menambahan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan Anton secara lisan terkait penonaktifan Anton sebagai ketua dewan pembina. Surat keputusan penonaktifan tersebut akan disampaikan kepada Anton, Kapolri dan Komisi III DPR RI.

“Tanggapan dari beliau enggak ada masalah. Sebab, sejak awal yang membutuhkan dewan pembina itu kami, bukan beliau yang mengajukan,” terang Fidel.

Sumber: detik

Link video tentang polemik Kapolda Jabar Jabat Pembina GMBI:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here