Curah Hujan Tinggi, Kota Bogor Waspadai Ancaman Bencana Longsor - bogordaily.net
BOGOR AREA

Curah Hujan Tinggi, Kota Bogor Waspadai Ancaman Bencana Longsor

BOGORDAILY – Cuaca buruk masih menghantui Kota Hujan. Kemarin (16/2) longsor kembali terjadi di Kelurahan Rancamaya, Bogor Selatan.

Akibatnya, halaman rumah milik Muhammad Amid (44), warga Gang Dodol RT 03/10, Rancamaya, ambles kurang lebih tiga meter.

Kini, nasib keluarga Amid dalam bahaya. Pasalnya, longsoran tanah makin mendekat ke rumahnya. Ditemui di lokasi, Amid menuturkan, longsor di halaman depan rumahnya terjadi bertahap.

“Dari pagi kemarin saya sudah khawatir, karena hujan terus. Halaman saya juga sudah retak-retak, kurang lebih 70 cm retakannya,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Makin sore, ia perhatikan retakan tersebut semakin memanjang hingga satu meter.

“Nah, sekitar pukul 19.30, dari dalam rumah saya mendengar suara keras seperti petir dari depan rumah,” ucap Amid.

Ketika itu, dirinya bersama istri dan tiga anaknya yang sedang berada dalam rumah pun lari keluar. Ternyata, para tetangga dan warga juga pada panik dan berlari keluar rumah.

“Semua warga datang, karena mereka pun kaget mendengar suara itu. Ternyata, halaman rumah saya sudah ambles,” ungkapnya.

Kejadian longsor itu menambah daftar jumlah kejadian serupa yang terjadi di Kota Bogor.

Kepala Satlak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Ganjar Gunawan mencatat sudah sembilan kali terjadi longsor sepanjang Januari hingga Februari.

Untuk Januari lalu, sambungnya, ada empat bencana longsor terjadi. Sedangkan, periode Februari, tercatat ada lima bencana longsor yang tersebar di Kota Bogor.

“Jadi, total sudah ada sembilan kejadian longsor. Jumlah ini lebih banyak daripada tahun sebelumnya,” tukasnya.

Sejauh ini, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Untuk longsor yang menimpa keluarga Amid, kata Ganjar, saat ini baru dilakukan antisipasi berupa pemasangan terpal saja.

“Selebihnya masih dalam proses dengan kelurahan dan lain-lain,” ucapnya.

Menurut dia, musim hujan tahun 2017 diprediksi akan terjadi pada akhir Januari hingga Februari ini. Sehingga, pemkot kembali menetapkan status siaga darurat banjir dan longsor.

“Penetapan status siaga darurat banjir dan longsor disebabkan Kota Bogor masuk dalam daerah rawan longsor dan banjir lintasan dari luapan Sungai Ciliwung dan Sungai Cisadane,” ujar Ganjar.

POJOKSATU

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu