Friday, 29 March 2024
HomeNasionalPengumuman!! Banjir dari Bogor Tiba Jam 1 Dini Hari Nanti. Ini 12...

Pengumuman!! Banjir dari Bogor Tiba Jam 1 Dini Hari Nanti. Ini 12 Wilayah DKI Yang Rawan Digenangi…

BOGORDAILY- Air kiriman dari Bogor diprediksi akan menggenangi 12 wilayah di DKI pada pukul 01:00 dini hari, Kamis (16/2/2017). Hulu Sungai Ciliwung di Katulampa dalam kondisi kritis alias Siaga 2.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, bahwa pada Rabu (15/2/2017) pukul 16.20 WIB, tinggi muka air Sungai Ciliwung di Katulampa mencapai 150 cm, sehingga membuat status Siaga 2.

Tinggi air muka Sungai Ciliwung ini masih akan bertambah karena di sekitar Depok dan bagian tengah Sungai Ciliwung masih hujan deras sehingga akan menambah debit Sungai Ciliwung.

“Diperkirakan 9 jam setelahnya atau pada Kamis (16/2/2017) pukul 01:20 WIB banjir akan tiba di pintu air Manggarai,” demikian disampaikan Sutopo dalam keterangan tertulis hari ini.
Diprediksi banjir akan menggenangi permukiman di bantaran Sungai Ciliwung di Jakarta di wilayah ini:

– Srengseng Sawah
– Rawajati
– Kalibata
– Pengadegan
– Pejaten Timur
– Kebon Baru
– Bukit Duri
– Balekambang
– Cililitan
– Cawang
– Bidara Cina
– Kampung Melayu.

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta telah menyampaikan peringatan dini tersebut kepada semua pihak.

“Masyarakat diimbau untuk waspada dan mengambil langkah-langkah antisipasi menghadapi banjir kiriman. Peralatan, surat-surat berharga dan perabotan rumah tangga hendaknya ditempatkan di tempat yang lebih aman agar tidak rusak terendam banjir. ini adalah kejadian yang pertama selama musim penghujan 2016/2017 sehingga berpotensi banjir,” jelasnya. (dtk/bd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here