Tuesday, 16 April 2024
HomeKabupaten BogorAda Apa? Puluhan Babi Hutan di Nanggung Bogor Mendadak Turun Gunung

Ada Apa? Puluhan Babi Hutan di Nanggung Bogor Mendadak Turun Gunung

NANGGUNG – Puluhan babi hutan yang tinggal di perbukitan di Kawasan Nanggung, Bogor Barat, Kabupaten Bogor mendadak turun gunung. Babi-babi tersebut turun dan merusak ladang milik warga di Desa Batutulis, Kecamatan Nanggung.

Akibatnya, tanaman palawija sejenis Jagung, Ubi, Singkong dan lain-lain milik warga rusak parah lantaran di injak-injak dan di makan babi.

Warga sekitar, Bone (38) mengatakan, serangan babi atau warga sekitar menyebutnya dengan “hama celeng” ini sudah berlangsung sekitar satu bulan. Walaupun musim hujan, sekelompok babi tak berhenti menyerang ladang petani.

Bahkan, tak sedikit kebun palawija warga rusak dan tak bisa dipanen. “Akibat serangan babi hutan, para petani jadi gagal panen,” keluhnya saat ditemui wartawan, Senin (6/3/2017).

Senada, pemilik kebun singkong, Acuy menambahkan, serangan hama celeng memang tak kenal waktu. “Warga sudah berupaya melakukan berbagai cara untuk mencegah serangan hama celeng,” bebernya.

Menurutnya, petani sudah memasang orang-orangan sawah, namun upaya itu tak membuat kawanan babi kapok, bahkan tambah banyak. “Meski sering diburu, tetap tidak membuat babi hutan jera. Karena itu kita minta adanya penanganan dari Pemkab Bogor,”harapnya. (met/bd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here