Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaAda Emasnya, Lihat Nih Koleksi Keris Milik Bos Pandawa Grup.

Ada Emasnya, Lihat Nih Koleksi Keris Milik Bos Pandawa Grup.

BOGOR DAILY– Dumeri alias Salman Nuryanto, Ketua Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Pandawa Mandiri Group menyimpan sejumlah benda seperti pedang pusaka dan keris. Bahkan ada koleksi kerisnya yang bertahtakan emas.

Pedang dan keris itu kini diamankan oleh penyidik Subdit Fiskal, Moneter dan Devisa (Fiamondev) Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Setidaknya ada sekitar 20-an pedang dan keris yang disita polisi dari rumah Nuryanto di Limo, Depok.

“Alasan dia menyimpan pedang dan keris-keris itu ya hanya koleksi saja,” ujar Kasubdit Fismondev Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Sandy Hermawan, Minggu (19/3/2017).

Menurut Nuryanto kepada polisi, pedang dan keris-keris itu adalah pemberian sejumlah nasabahnya. Di antara beberapa keris yang ada, sarungnya ada yang bertahtakan emas.

“Kebanyakan, kata dia, itu pemberian orang. Ada nasabahnya yang ngasih keris, ngasih pedang,” imbuhnya.

Sandy tidak mengetahui apakah keris-keris itu bermuatan magis atau tidak. “Wah kalau itu saya nggak ngerti deh,” ucapnya.

Selain pedang dan keris, ada juga tongkat dan bambu berisi kain kafan, serta sangkur dan belati. Ada juga ukiran ular berbahan kayu jati (dtk/bd)