Thursday, 18 April 2024
HomeBeritaIni Dia Truk Mewah Mercy Buatan Wanaherang Gunungputri

Ini Dia Truk Mewah Mercy Buatan Wanaherang Gunungputri

BOGOR DAILY- PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDINA), distributor resmi kendaraan komersil di Indonesia, memastikan akan memproduksi heavy-duty baru di pabrik mereka yang ada di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat.

“Kami akan merakit Axor di Indonesia, di Wanaherang. Ini bantuan kami untuk melancarkan transportasi di Indonesia,” ujar Hari Boedi Hartono, Presiden Direktur PT Hartono Raya Motor, main dealer , di Jakarta, Kamis (16/3).

Axor sendiri adalah baru Mercy. Beda dengan sebelumnya, ini diperuntukkan bagi kegiatan on the road, artinya hanya bisa melaju di jalanan kota atau aspal. Ada lima model sekaigus yang diperkenalkan, dengan harga yang beragam.

Axor 2528 C dibanderol Rp 816 juta, Axor 4028 T Rp 689 juta, Axor 1623 R Rp 550 juta, Axor 1623 C Rp 563 juta, dan yang paling mahal Axor 3336 K Rp 1,17 miliar. Ini adalah harga off the road, yang bakal lebih mahal setelah ditebut konsumen.

General Manager of Commercial Vehicle Planning & Life Cycle Management Mercedes-Benz Indonesia Maximilian Knorr mengatakan, perakitan lokal adalah bagian dari komitmen mereka terhadap pemerintah Indonesia yang fokus pada infrastruktur.

“Dengan teknologi terbaik, fasilitas produksi kualitas Jerman yang kami miliki, dan dengan sumber daya manusia yang kami punya saat ini, kami sangat yakin akan bisa menghasilkan produk dengan kualitas standar Mercedes-Benz,” terang Knorr.

Pemerintah Indonesia memang sedang menggenjot pertumbuhan infrastruktur dan lokalisasi produk . Tahun 2020 pemerintah menargetkan 2,5 juta unit dibuat di dalam negeri. Pemerintah ingin Indonesia jadi basis produksi .

Mercy sendiri menjanjikan bisa membuat Axor sebanyak 4.500 unit setiap tahunnya.

Di kesempatan yang sama, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Yan Sibarang Tandiele mengatakan, langkah Mercy adalah langkah yang tepat. Ia berterima kasih kepada Mercy yang menjadikan Indonesia salah satu basis produksi.

“Atas nama pemerintah, kami sangat menyambut baik langkah Mercy. Kami yakin bahwa dengan diluncurkannya produk baru ini tentu akan meningkatkan industri dalam negeri, dan mendukung pembangunan di Indonesia,” terang Yan dalam sambutannya.