Thursday, 18 April 2024
HomeKabupaten BogorJangan Ketipu, Pupuk Palsu Marak di Ciseeng

Jangan Ketipu, Pupuk Palsu Marak di Ciseeng

BOGOR DAILY– Maraknya pupuk dan bibit palsu di sejumlah daerah, membuat di wilayah utara Kabupaten Bo­gor resah. Seorang Abdul Rojak mengaku khawatir lantaran pupuk asli dan palsu sulit dibedakan. Kekha­watiran itu diperparah dengan maraknya penjualan bibit dan yang belakangan sering terjadi.

“Sekarang sulit mendapatkan bibit unggul berkualitas, baik yang memiliki sertifikat maupun pupuk asli sesuai standar yang telah ditetapkan,” terang asal Cibeuteungmuara, Kecama­tan Ciseeng itu kepada Metropolitan, kemarin. Apalagi, menjamurnya pupuk dan bibit palsu di Sukabumi jaraknya dekat dengan Bogor. Sehingga sangat mungkin peredarannya sampai ke Bo­gor.

Terpisah, Ketua Paguyuban Kangkung dan Bayam Desa Bojong, Kecamatan Kemang, Endah menamba­hkan, tidak mudah mendapatkan pupuk dan bibit asli, selain biayanya juga tidak murah. “Walaupun langsung beli ke lokasi pembibitan, yang kurang waspada juga rentan terhadap aksi pe­nipuan. Saya berharap ada solusi dari pemerintah yang memudahkan ,” tuturnya.

Dengan adanya bantuan dan penga­wasan dari Pemerintah Kabupaten (Pem­kab) Bogor melalui dinas terkait, diha­rapkan bisa mencegah terjadinya penye­baran bibit dan .

“Jika menggunakan bibit palsu, setelah menghabiskan biaya mahal da­lam membesarkannya namun tidak memberikan hasil maksimal, hasilnya akan jelek dan masyarakat yang rugi,”pungkasnya. (met/bd)