BOGOR AREA

Jangan Ketipu, Pupuk Palsu Marak di Ciseeng

BOGOR DAILY– Maraknya pupuk dan bibit palsu di sejumlah daerah, membuat petani di wilayah utara Kabupaten Bo­gor resah. Seorang petani Abdul Rojak mengaku khawatir lantaran pupuk asli dan palsu sulit dibedakan. Kekha­watiran itu diperparah dengan maraknya penjualan bibit dan pupuk palsu yang belakangan sering terjadi.

“Sekarang sulit mendapatkan bibit unggul berkualitas, baik yang memiliki sertifikat maupun pupuk asli sesuai standar yang telah ditetapkan,” terang petani asal Cibeuteungmuara, Kecama­tan Ciseeng itu kepada Metropolitan, kemarin. Apalagi, menjamurnya pupuk dan bibit palsu di Sukabumi jaraknya dekat dengan Bogor. Sehingga sangat mungkin peredarannya sampai ke Bo­gor.

Terpisah, Ketua Paguyuban Petani Kangkung dan Bayam Desa Bojong, Kecamatan Kemang, Endah menamba­hkan, tidak mudah mendapatkan pupuk dan bibit asli, selain biayanya juga tidak murah. “Walaupun langsung beli ke lokasi pembibitan, petani yang kurang waspada juga rentan terhadap aksi pe­nipuan. Saya berharap ada solusi dari pemerintah yang memudahkan petani,” tuturnya.

Dengan adanya bantuan dan penga­wasan dari Pemerintah Kabupaten (Pem­kab) Bogor melalui dinas terkait, diha­rapkan bisa mencegah terjadinya penye­baran bibit dan pupuk palsu.

“Jika petani menggunakan bibit palsu, setelah menghabiskan biaya mahal da­lam membesarkannya namun tidak memberikan hasil maksimal, hasilnya akan jelek dan masyarakat yang rugi,”pungkasnya. (met/bd)

Komentar Anda?

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu