Friday, 29 March 2024
HomeKota BogorAturan Baru, Ojek Online Juga Ditagih Surat Tugas

Aturan Baru, Ojek Online Juga Ditagih Surat Tugas

BOGOR DAILY  Pemerintah , Jawa Barat menerbitkan Peraturan Walikota (Perwali) tentang angkutan roda dua berbasis aplikasi. Salah satu persyaratan yang diatur yakni setiap pengendara wajib mempunyai surat tugas.

Walikota Bogor Sugiarto menyebutkan, Perwali tersebut diterbitkan berdasarkan pertimbangan keberadaan roda dua yang menggunakan aplikasi berbasis teknologi informasi di telah menimbulkan berbagai dampak dalam penyelenggaraan angkutan umum.

“Terlebih lagi keberadaannya juga belum diatur dalam peraturan perundang-undangan,” kata Bima, Selasa (11/4).

Peraturan Walikota Nomor 21 Tahun 2017 tentang Pengawasan dan Pengendalian Kendaraan Roda Dua Menggunakan Aplikasi Berbasis Teknologi Informasi di telah disahkan per tanggal 4 April lalu. Perwali tersebut diterbitkan untuk mengatur dan menata keberadaan moda angkutan berbasis aplikasi yang jumlahnya mencapai ribuan unit beroperasi di , berfungsi sebagai angkutan tidak dalam trayek demi terpeliharanya ketentraman dan ketertiban di masyarakat.

“Dengan diterbitkannya Perwali ini, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh para operator atau penyelenggara ojek online yakni penyelenggara ojek online harus berbentuk badan usaha, selain itu mereka pun diwajibkan untuk memiliki cabang atau perwakilan yang tetap di dan menunjuk penanggung jawabnya,” kata Bima.

Syarat berikutnya, cabang atau perwakilan penyelenggara ojek online juga harus mendapatkan surat tugas dari penyelenggara ojek online dan menyampaikan data kendaraan pada dinas terkait.(rep/bd)

sumber: Republika