Barca Gigit Jari, Juventus Mulus ke Semifinal - bogordaily.net
SOCCER

Barca Gigit Jari, Juventus Mulus ke Semifinal

BOGOR DAILY– Misi Barcelona mengulang comeback gemilang gagal diwujudkan. Menghadapi Juventus pada leg kedua babak perempat final di Estadio Camp Nou, Kamis (20/4) dini hari WIB, El Barca cuma bisa bermain imbang tanpa gol. Hasilnya, Juvntus lolos ke babak semifinal, Barcelona tersisih.

Pasalnya, Barcelona membutuhkan kemenangan empat gol tapa balas atau lebih untuk bisa lolos dari Juventus. Sebelumnya pada leg pertama di Turin, mereka mengantongi modal kekalahan 0-3.

Misi mahaberat Juventus sempat dianggap tak sulit karena apa yang mereka lakukan pada babak sebelumnya kala melawan PSG. Bermodal kekalahan 0-4 pada leg pertama di Paris, Barcelona mampu membalikkan keadaan dengan mennang 6-1 di Camp Nou.

Sial bagi Barcelona, sejarah tak terulang dua kali berurutan. Lagipula, Juventus bukan PSG, yang bisa dengan mudah diacak-acak pertahanannya leh Lionel Messi dan kawan-kawan. Di bawah mistar gawang bercokol Gianluigi Buffon, salah satu penjaga gawang terbaik dunia.

Penampilan apik Buffon turut mendukung kegagalan Barcelona mengejar defisit tiga gol. Memang, I Bianconeri sempat mendominasi serangan pada awal laga. Namun, sejak sepuluh menit babak pertama, El Barca semakin gencar mengepung lini belakang tim tamu.

Setiap upaya percobaan terus dilakukan untuk bisa mengancam gawang Buffon. Namun, belum ada satu peluang yang bisa dimaksimalkan mereka. Babak pertama pun ditutup dengan skor kacamata.

Meski kesulitan mencetak gol di babak pertama, Pelatih Barcelona Luis Enrique tak lantas mengubah komposisi skuat babak kedua. Mereka masih menerapkan strategi serupa, menekan melalui permainan cepat bola-bola pendek.

Memasuki menit ke-52, mereka mengancam lewat sepakan keras Messi dari luar kotak penalti yang masih belum menemui sasaran. Messi yang kembali mendapat kesempatan lewat tendangan bebas pada menit ke-58 juga masih belum bisa memecahkan kebuntuan. Bola sepakannya melambung di atas mistar gawang Buffon.

Menanggapi situasi itu, Enrique pun menarik Rakitic dan memainkan Paco Alcacer pada menit ke-58 untuk menambah sengatan di lini depan. Akan tetapi, peruntungan tetap belum berubah. Messi yang cukup banyak memperoleh peluang, dibuat frustrasi dengan pertahanan kokoh Juventus dan dewi fortuna yang enggan berpihak.

Tengok saja peluang emas Messi pada menit ke-66. Berawal dari sepak pojok, Buffon melakukan kesalahan dengan melakukan tepisan bola tak sempurna. Bola muntah akhirnya mengarah ke Messi. Tapi, penyerang Argentina tersebut tetap gagal mencetak gol meski Buffon tak berada di posisi idealnya.

Praktis, pada babak kedua Barcelona sangat dominan dalam hal penguasaan bola dan penciptaan peluang. Namun, upaya mereka masih saja gagal membuahkan satu gol pun. Sampai wasit meniup peluit akhir pertandingan, skor 0-0 tak berubah. Juventus berhak lolos ke semifinal dengan agregat 3-1. (bd)

Komentar Anda?

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu