Friday, 19 April 2024
HomeKabupaten BogorDedy Mizwar Sebut Pungli Angkutan Tambang Rumpin Capai Miliaran

Dedy Mizwar Sebut Pungli Angkutan Tambang Rumpin Capai Miliaran

BOGOR DAILY– Praktik kotor dalam bisnis pertambangan hingga saat ini masih sulit diberantas. Pungutan liar () bak  menjadi tradisi di sektor ini. Mulai dari perizinan, sampai pengoperasian itu sendiri. Salah satunya di Kabupaten Bogor.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar tak menampik hal tersebut. Dia mengatakan pihaknya akan menggandeng Tim Saber  Pusat buat menekan .

Demiz -sapaannya- mengungkapkan, angkutan pertambangan di kawasan Rumpin dan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, masih marak terjadi.

angkutan pertambangan di Rumpin mencapai ratusan juta rupiah dalam sehari,” ujar dia ketika mengunjungi ketika mengunjungi Kampung Banjar Pinang RT 001/007, Desa Tamansari, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, kemarin (25/4).

Bahkan, kata Demiz, dalam sidak yang pernah dilakukan petugas, terungkap bahwa setiap truk yang melintas dipungut Rp 80 ribu, sementara jumlah truk yang melintas mencapai 3.000-an per hari.

“Kalau dijumlahkan tadi mencapai Rp 240 juta per hari, coba kalikan dalam sebulan. Bisa miliaran,” tambah Demiz.

“Saya sudah melaporkan ini ke Presiden langsung. Saya katakan ke Presiden jangan sampai membangun sebuah peradaban di atas kemaksiatan. Presiden terdiam saja ketika saya mengatakan itu. Makanya reklamasi tadi dimoratorium, tapi meskipun dimoratorium tetap saja berlangsung sampai saat ini kan,” pungkasnya (bd)