Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaLihat! Simulasi Tempur Sampai Akrobat TNI AU di Udara

Lihat! Simulasi Tempur Sampai Akrobat TNI AU di Udara

BOGOR DAILY– TNI Angkatan Udara (AU) memamerkan atraksi pesawat dalam acara ke-71 . Tak kurang dari 1.600 prajurit dan 132 pesawat dari unsur kekuatan dikerahkan dalam acara ini.

Pantauan detikcom, Minggu (9/4/2017) di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, acara dimulai pada pukul 08.00 WIB. Diawali oleh upacara dan pemberian amanat oleh Kepala Staf Angkatan Udara, Hadi Tjahjanto. Selanjutnya, kegiatan diisi dengan atraksi dari para prajurit .

Atraksi pertama dimulai oleh pertunjukan drum band . Selanjutnya aski bela diri oleh prajurit mulai dari memecahkan bata sampai mematahkan besi.

juga melakukan defile pasukan dan alutsista. Acara juga diisi denga pameran mulai dari mobil operasional sampai senjata terbaru.

Yang paling menarik perhatian warga adalah saat penampilan pesawat Jupiter Aerobatic Team (JAT) yang memeragakan 8 adegan. Salah satunya adalah membentuk pola hati di langit udara Halim Perdanakusuma.

Selain itu, juga melakukan simulasi penyelamatan sandera dari teroris. Simulasi itu dilakukan dengan kendaraan tempur darat dan sejumlah helikopter tempur.

Ada juga simulasi perebutan pangkalan udara dengan menerjunkan prajurit menggunakan parasut. Prajurit diturunkan dari helikopter dan langsung ke pangkalan udara.

“Sebelumnya enggak ada demo di udara, kali ini ada demo di udara. Masyarakat yang hadir sungguh melampaui ekspektasi kami,” kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara, Jemi Tri Sonjaya di lokasi. (bd)