Tuesday, 16 April 2024
HomeKabupaten BogorPakai Alat Canggih, Tim Korlantas Polri Olah TKP Lagi di Puncak

Pakai Alat Canggih, Tim Korlantas Polri Olah TKP Lagi di Puncak

BOGOR DAILY–   kembali turun ke lapangan guna melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kasus tabrakan beruntun di , Kecamatan Megamendung,Kabupaten Bogor, Sabtu (22/4) lalu. Kali ini, pihak kepolisian memakai alat canggih untuk mendapatkan potret kejadian sebelum tabrakan beruntun terjadi.

Menurut Kasubid Penyidikan Laka Lantas Direktorat Penegakan Hukum Korlantas Polri, AKBP Dedy Soehartono, yang digelar pada Selasa (25/4/2017) pihaknya menggunakan alat 3D Laser Scan Analysis merk Faro buatan Amerika.

dilakukan sebanyak tiga kali, yakni dititik atas tengah dan titik bawah lokasi akhir kendaraan yang terlibat kecelakaan berhenti.

Menurut AKBP Dedy alat scaner yang saat ini digunakan mempunyai akurasi sekitar 99 persen untuk mendeteksi sebelum kejadian, saat kejadian dan setelah kejadian kecelakaan.

“Alat ini akurasinya 99 persen untuk membuat sket tkp, sehingga hampir real kejadian,” ujarnya usai melakukan di , Kecamatam Megamendung, Kabupaten Bogor, Selasa (25/4/2017).

Penggunaan alat ini juga lantaran tidak ada CCTV yang merekam kejadian kecelakaan yang terjadi beberapa Sabtu (22/4/2017).

“Keunggulan alat ini bisa menggambarkan suasana sebelum kejadian, saat terjadi benturan hingga terjadi benturan,” kata dia.

Menurutnya, hasil scaner itu akan keluar setelah satu atau dua hari setelah dilakulan scan di TKP. “Hasilnya yang keluar bentuknya data, kemungkinan satu atau dua hari kedepan sudah bisa diketahui,” tukasnya. (bd)