Tuesday, 23 April 2024
HomeKabupaten BogorPanas! Ratusan Jamaah Umroh Ngamuk di Kantor Travel Cibinong

Panas! Ratusan Jamaah Umroh Ngamuk di Kantor Travel Cibinong

BOGOR DAILYRatusan  umrah kembali menggeruduk kantor PT Utsmaniyah Hannien Tour di Ruko Cibinong City Center, Jalan Tegar Beriman, kemarin. Mereka menagih janji perusahaan soal kejelasan status keberangkatan mereka yang simpang siur hingga kini. Karena tak juga ada kejelasan, para sempat naik pitam dan mengamuk di kantor tersebut.

Kemarahan  merupakan buntut dari hasil mediasi dengan perusahaan di Masjid Baitul Faizin, Se­lasa (18/4). Ketika itu, mereka menanyakan kejelasan jadwal keberangkatan yang molor dari waktu yang telah dijanji­kan sebelumnya.

Akhirnya muncul tiga poin kesepakatan antar keduanya yaitu penentuan estimasi kuota yang akan berangkat hingga Juni, pengembalian uang tanpa potongan dan sepakat menempuh jalur hukum jika tiga poin itu tidak terlaksana.

Salah satu umrah Hurryaturohman mengatakan, sesuai kesepakatan, perusa­haan berjanji menyelesaikan persoalan ini dan merilis jadw­al pemberangkatan, kemarin. Namun saat ratusan mendatangi perusahaan, be­lum juga ada kejelasan.

“Kami sudah nunggu dari jam sepuluh untuk menagih janji perusahaan tapi stafnya bilang semua pimpinannya sedang tidak di kantor. Akh­irnya kami disuruh nunggu sampai jam satu untuk melihat daftar pemberangkatan dan tidak juga ada kejelasan,” kesal Hurrya.

Suasana pun sempat me­manas. Ratusan naik pitam dan sempat beradu mulut karena merasa diabai­kan perusahaan. Beruntung, pihak perusahaan segera ke­luar dan membacakan daf­tar nama serta jadwal pemberangkatan hingga Juni. Anehnya, dari sekian nama, hanya ada enam nama yang masuk daftar dari ratusan yang mendatangi perusahaan.

Kondisi ini kembali menyulut kekesalan para . Ter­lebih, pimpinan perusahaan tak juga datang menemui mereka. Hanya staf dan kua­sa hukum perusahaan yang memberi penjelasan dengan alasan tak bisa diterima para jamaah.

“Pas diumumkan ternyata hanya ada enam nama yang kami kenal dari Bogor yang masuk list pemberangkatan. Selebihnya nggak tahu dari mana karena cuma ada ket­erangan nama tanpa cabang perusahaannya. Jamaah makin kesal karena belum juga ada kejelasan,” terangnya.

Hurrya melanjutkan, kondisi makin tidak jelas ketika ada kabar salah seorang jamaah ditahan pihak hotel karena bermasalah. Para jamaah yang tadinya meminta kepastian makin bingung karena kha­watir meskipun jadi berangkat akan tetap bermasalah. Dari situ, mereka mendesak pe­rusahaan agar mencari solusi pasti.

“Akhirnya kebanyakan jamaah ingin refund atau pengem­balian uang dan membatalkan pemberangkatan. Alasannya karena ketidakjelasan perusa­haan dan hasil kesepakatan sebelumnya pun membolehkan hal itu,” ujar Hurrya.

Setelah itu, manajer keuan­gan perusahaan akhirnya menuruti kemauan para ja­maah dengan menandatan­gani surat perjanjian refund di atas materai. Sesuai kesepaka­tan, tidak ada potongan dalam proses refund. Uang jamaah harus kembali sesuai nominal yang disetorkan.

“Kebanyakan ingin uang kembali tapi ada juga yang masih mau menunggu rilis jadwal keberangkatan. Untuk pengembalian uang sesuai aturan perusahaan berlang­sung maksimal 90 hari setelah surat perjanjian ditandatan­gani,” bebernya.

Menurut Hurrya, langkah ini merupakan solusi terakhir dari beberapa kesepakatan yang telah dibuat. Jika perusahaan tidak juga menepati, para jamaah mengaku tidak segan akan membawa persoalan ini ke jalur hukum.

“Sesuai perjanjian, kami sepakat membawa persoalan ini ke jalur hukum jika proses penyelesaiannya tidak be­langsung sesuai kesepakatan. Kami tunggu sampai 90 hari (tiga bulan, red) ke depan,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Di­rektur Utama PT Utsmaniyah Hannien Tour Farid Rosyidin yang hadir di Masjid Baitul Faizin saat mediasi menjelas­kan, sesi tahun ini pemberan­gakatan umrah sebanyak 5.000 jamaah dari seluruh wilayah di Indonesia. Namun dari total 5.000 jamaah, ma­sih tersisa 1.500 jamaah yang masih belum diberangkatkan ke Tanah Suci lantaran terjadi miskomunikasi di internal perusahaan.(met/bd)

sumber: metropolitan.id