Friday, 29 March 2024
HomeBeritaPramugari Berbikini Mau Masuk Indonesia, Ini Rutenya

Pramugari Berbikini Mau Masuk Indonesia, Ini Rutenya

BOGOR DAILY– Maskapai  dari Vietnam yang memiliki di dalam kabin dikabarkan bakal masuk ke Indonesia. akan membuka rute Ho Chi Minh City-Jakarta pada pertengahan tahun 2017 ini sesuai  kesepakatan dari Sales Mission yang digelar Kementerian di Ho Chi Minh, Vietnam.

Konjen RI untuk Ho Chi Minh, Jean Anes, ikut bergabung membantu . Tugasnya adalah mengawal penjajakan kerjasama dengan agar membuka rute Ho Chi Minh – Jakarta.

“Dari aspirasi warga Ho Chi Minh dan sejumlah travel agent yang ada, mereka ingin menuju obyek wisata Indonesia dengan penerbangan langsung. Sampai saat ini belum ada pesawat yang melayani penerbangan dari Vietnam langsung ke lokasi wisata,” ujar Konjen RI untuk Ho Chi Minh, Jean Anes.

Tak ingin menyia-nyiakan waktu, Jean pun ikut mendorong salah satu maskapai Vietnam, VietJet untuk terbang ke Indonesia. “Pertengahan tahun ini VietJet akan terbang dari Ho Chi Minh ke Jakarta, sebagai uji coba,” kata Jean.

Jean melanjutkan, VietJet nantinya tak hanya membuka rute Ho Chi Minh-Jakarta, tetapi juga Ho Chi Minh-Bali. Namun, untuk rute yang kedua itu akan dibuka setelah mengkaji pelaksanaan rute Ho Chi Minh-Jakarta.

“Warga Ho Chi Minh dan sejumlah travel agent yang ada maunya satu. Mereka ingin menuju obyek wisata Indonesia dengan penerbangan langsung,”ujarnya.

“Bukan transit ke Jakarta seperti selama ini. Terlalu lama dan berbiaya mahal jika ke Bali atau Jogja harus mampir Jakarta dulu. Sebab sampai saat ini belum ada pesawat yang melayani penerbangan dari Vietnam langsung ke lokasi wisata,” jelasnya.

Konektivitas udara memang menjadi kendala kedua negara. Sebab saat ini, hanya ada satu penerbangan dengan rute Ho Chi Minh – Jakarta (PP) yang dijalankan maskapai Vietnam Airlines. Sehari satu kali penerbangan.

Maskapai lain baru bisa melayani dengan transit Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei. Diantaranya Tiger Air, Jetstar, Air Asia, Malaysia Airlines, Singapore Airlines, dan Thai Airlines.

Sementara, kunjungan wisman asal Vietnam ke Indonesia terus meningkat. Berdasarkan catatan Kemenpar, selama 2015, ada 44.000 turis Vietnam yang masuk Indonesia. Dan pada 2016, jumlah wisatawan Vietnam yang berkunjung ke Indonesia meningkat menjadi 60.000 orang.

“Dengan digelarnya Sales Mission ini serta realisasi penerbangan langsung, saya yakin akan ada peningkatan kunjungan wisman dari Vietnam di tahun ini menjadi sekitar 100.000 an orang,” kata Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara Kemenpar Rizki Handayani Mustafa.

Kebetulan, air connectivity adalah salah satu program prioritas yang sedang digeber Menpar Arief Yahya di 2017. Dua lainnya adalah Go Digital dan Homestay Desa Wisata.

“Jika ada koneksi dari Vietnam, maka destinasi di Indonesia akan semakin hidup,” kata Menpar Arief Yahya.

Adalah perempuan bernama Nguyen Thi Phuong Thao, yang meluncurkan layanan penerbangan berbiaya murah dengan nama pada Desember 2011 lalu.

Dalam rentang waktu hanya lima tahun, maskapai kini sudah menjual sahamnya di pasar modal.

Maskapai ini pun menjalani penerbangan hingga 40 persen total penerbangan di Vietnam. Keberhasilan luar biasa dari perusahaan penerbangan yang terkenal ini pun telah membuat Thao yang menjadi CEO , menjadi salah satu dari hanya dua miliuner Vietnam.

Selain itu, Thao juga menempati urutan ke-46 pada daftar orang terkaya dunia versi Forbes, dengan kekayaan bersih diperkirakan mencapai sebesar 1,7 miliar dollar Amerika Srikat (AS) (bd)