Ramai Soal Gunung Toba yang Bangkit Lagi, Begini Penjelasannya - bogordaily.net
TRAVEL

Ramai Soal Gunung Toba yang Bangkit Lagi, Begini Penjelasannya

BOGOR DAILY Masyarakat diharapkan tenang tidak terpengruh isu mengenai ancaman Gunung Toba karena keberadaan dalam kondisi “rest” dari pemantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

Staf Pos Pengawasan Sinabung Pusat Vulkanologi dan Mitigas Bencana Geologi (PVMBG) M Nurul Asrori mengatakan, pihaknya rutin mengawasi tiga gunung berapi.

Ketiga gunung berapi tersebut adalah Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak di Kabupaten Karo dan Gunung Pusuk Buhit di Kabupaten Samosir.

Sedangkan Gunung Toba juga dipantau dengan intensitas tertentu karena kondisinya sudah “istirahat” (rest).

Gunung berapi yang ada di kawasan Danau Toba hanya Gunung Pusuk Buhit. “Itu pun kondisinya normal,” kata Nurul dari pos pemantauan di Kabupaten Karo

Dari pemantauan yang dilakukan, aktivitas Gunung Pusuk Buhit telah menyebabkan munculnya sumber air panas di daerah itu.

Namun aktivitas gunung tersebut tidak ada peningkatan berarti yang perlu dikhawatirkan atau tanda-tanda menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kondisinya masih normal, namun tetap kami pantau terus,” katanya.

Sebelumnya, sempat muncul kekhawatiran terhadap meningkatnya aktivitas Gunung Toba yang pernah meletus ribuan tahun lalu. (bd)

Komentar Anda?

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu