Friday, 29 March 2024
HomeKota BogorDitinggal Tidur, Lilin Hanguskan Seisi Rumah di Kayumanis Bogor

Ditinggal Tidur, Lilin Hanguskan Seisi Rumah di Kayumanis Bogor

BOGOR DAILY– Satu unit rumah tinggal di Kelurahan Kayu Manis, Kota Bogor, terbakar akibat pemiliknya lupa mematikan nyala lilin pada Jumat (26/5) dini hari.

Menurut Petugas Pemadam BPBD Kota Bogor, Djaya Thoha, peristiwa itu terjadi lewat tengah malam tadi sekitar pukul 00.30 WIB.”Api berasal dari lilin yang dinyalakan pemilik saat lampu mati, tetapi lupa mematikan ketika lampu sudah menyala,” kata Djaya.

Rumah yang terletak di Gang 07 Salabenda, RT 05/RW 04, Kelurahan Kayu Manis, Kecamatan Tanah Sareal itu dihuni dua kepala keluarga, terdiri sembilan orang jiwa. Rumah diketahui milik Acep Sujana.

Ia mengatakan, sebelum terjadi, pemilik menyalakan lilin yang diletakkan di bagian dapur. Saat itu lampu sedang padam. Pemilik rumah menggunakan lilin sebagai penerang ruangan.

“Lilin yang sedang menyala ditinggal tidur oleh pemilik rumah. Pemilik lupa mematikan lilin ketika lampu sudah menyala,” katanya.

Lilin menyala yang ditinggal tidur tersebut membakar ruangan dapur, lalu menjalar ke ruang tengah dan kamar tidur. Luas bangunan yang terbakar berukuran sekitar 8×9 meter.

Saat terjadi, di dalam rumah itu juga terdapat seorang anak kecil dan balita berusia empat tahun. Beruntung tidak ada korban jiwa luka maupun meninggal dunia. Pemilik rumah dan semua penghuni berhasil menyelamatkan diri dari peristiwa tersebut.

Petugas pemadam dari BPBD Kota Bogor mengerahkan empat unit mobil pemadam dibantu satu unit dari Kabupaten Bogor. Api dapat dipadamkan dalam waktu singkat, sehingga tidak menjalar ke rumah sekitarnya.

“Estimasi kerugian sekitar Rp 40 juta. Pemilik rumah terpaksa diungsikan untuk sementara waktu ke rumah keluarga terdekatnya,” kata Djaya.

BPBD Kota Bogor mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati ketika menyalakan lilin saat lampu listrik padam dan memastikan letaknya berada jauh dari benda yang mudah terbakar. “Kalau menyalakan lilin hati-hati, jangan lupa memadamkannya. Sebaiknya menggunakan lampu darurat agar terhindar dari ,” kata Djaya.

 

Video:https://www.facebook.com/debby.ismayadi.56/videos/800073190140983/