Thursday, 18 April 2024
HomeNasionalHeboh! Hizbut Tahrir Indonesia Dibubarkan

Heboh! Hizbut Tahrir Indonesia Dibubarkan

BOGOR DAILY- melalui Menko Polhukam Wiranto mengumumkan pembubaran (HTI) yang dianggap bertentangan dengan Pancasila dan UUD 45 dan menciptakan benturan di masyarakat.

“Setelah melakukan pengkajian secara seksama, dan pertimbangan mendalam, perlu mengambil langkah-langkah hukum untuk membubarkan (HTI) di seluruh Indonesia,” kata Wiranto dalam jumpa pers di kantor kementrian koordinator politik hukum dan keamanan.

Wiranto menyatakan, ada sejumlah faktor yang mendorong mengambil keputusan itu, seperti dilaporkan wartawan BBC Indonesia Jerome Wirawan.

“Pertama, (HTI) tidak memainkan peran positif dalam kehidupan kebangsaan dan kemasyarakatan,” lanjut Wiranto.

“Kedua, Kegiatan yang dilakukan HTI terindikasi bertentangan dengan dengan UUD 1945 dan Pancasila yang merupakan dasar bernegara Indonesia, dan ketiga aktivitas yang dilakukan HTI mengakibatkan berbagai benturan di masyarakat,” tandas Wiranto.

Wacana pembubaran HTI sudah berkembang beberapa waktu terakhir, karena HTI dianggap tidak mengakui Pancasila dan UUD 1945, serta menginginkan berdirinya kekhilafahan di Indonesia.

HTI juga sempat mendapat angin, antara lain sebuah acaranya di Bogor dihadiri walikota Bogor Arya Bima, dan sebuah acara lain dihadiri Adhyaksa Dault, Menteri Pemuda dan Olah Raga zaman pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.