Friday, 29 March 2024
HomeKota BogorTiga Hari Bima Arya Bertolak ke Amerika Serikat,Ngapain ya?

Tiga Hari Bima Arya Bertolak ke Amerika Serikat,Ngapain ya?

BOGOR DAILY– Wali Kota Bogor Sugiarto tengah menyambangi California untuk menghadiri Pekan (Smart Cities Week) Silicon Valley yang berlangsung di Kota Santa Clara, Amerika Serikat.

Melalui siaran pers Humas Pemkot Bogor, Minggu, Bima menyampaikan salah satu hal penting dari kunjungannya tersebut adalah sebagai bahan pelajar untuk memperkuat identitas Kota Bogor sebagai .

“Kegiatan ini adalah bagian penting untuk belajar dan memperbaharui pengetahuan serta kemampuan kita yang ada di Kota Bogor guna menguatkan salah satu identitas kota sebagai ,” kata Bima.

Agenda Pekan Silicon Valley, Santa Clara, California berlangsung selama tiga hari yakni tanggal 8 sampai 10 Mei 2017. Bima hadir bersama delegasi Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yakni Wali Kota Tanggerang Selatan, Airin Rachmi Diani, dan Wali Kota Binjai, HM Idaham.

Bima hadir dalam forum Pekan Silicon Valley untuk memenuhi undangan Chairman Smart Cities Council, Jesse Berst. Menurutnya, Silicon Valley merupakan tempat lahirnya banyak penemu teknologi, sehingga menjadi tempat pembelajaran yang baik bagi Kota Bogor dalam mengembangkan .

Menurutnya, pengembangan yang selama ini terus dikembangkan Kota Bogor bukan soal gengsi. Tetapi bagian penting untuk terus mempermudah layanan kepada masyarakat.

“Seperti penerimaan siswa baru melalui PPDB online, perizinan online, pengaduan online, sampai pembayaran pajak secara online,” katanya.

Ia mengatakan, semua layanan berbasis teknologi tersebut bermuara pada satu hal yakni kemudahan akses warga terhadap layanan yang dimiliki Pemerintah Kota Bogor.

Tidak hanya datang menghadiri forum tersebut, Bima juga dijadwalkan tampil sebagai salah satu pembicara pada sesi panel bersama Prof Suhono H Supangkat, Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB).

Keduanya dijadwalkan akan berbagi pengalaman tentang pengembangan di Indonesia, termasuk di Kota Bogor. Sesi panel diskusi berlangsung Selasa (9/5) di Exhibit Hall Convention Center Santa Clara, setelah diawali rangkaian pembukaan konfeeensi sehari sebelumnya Senin (8/5).

Hari ketiga tepatnya Rabu (10/5), acara diisi dengan serangkaian diskusi panel tentang pengembangan yang akan diikuti Wali Kota Bogor bersama Kepala Bappeda Kota Bogor, Erna Hernawati, Kepala Diskominfo, Firdaus, dan Kepala Bagian Kerjasama, Dina Dahlia Nalan.

Menurut Bima, hari kedua keikutsertaan Kota Bogor pada forum tersebut menjadi strategis karena Bogor baru saja terpilih menjadi satu dari 25 kota/kabupaten se Indonesia yang menjadi prioritas pengembangan Kota Cerdas tahun 2018 oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Penetapan Kota Bogor sebagai salah satu dari 25 kota/kabupaten prioritas pengembangan Kota Cerdas ditandai dengan penandatanganan MoU pada 22 Mei mendatang di Makassar oleh Mekoinfo dan kepala daerah terpilih.

“Salah satu indikator yang membuat Kota Bogor terpilih menurut Kemenkoinfo adalah faktor kelembagaan, infrastruktur, dan SDM yang memadai,” kata Bima.