Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaVIDEO: Juru Masak Ini Berani Buka-bukaan Rahasia Dapur Jokowi

VIDEO: Juru Masak Ini Berani Buka-bukaan Rahasia Dapur Jokowi

BOGOR DAILY– Presiden Jokowi saat ini berada di Arab Saudi untuk menghadiri pertemuan negara-negara Islam dan Amerika Serikat. Sepekan sebelumnya, Jokowi berada di Beijing untuk menghadiri KTT One Belt One Road setelah melakukan kunjungan kerja Lintas Nusantara dari Aceh sampai Papua selama 5 hari.
Bisa dibilang tak ada hari libur bagi Jokowi dalam menjalankan tugas sebagai Kepala Negara. Tak jarang pula dia menggelar rapat kabinet terbatas beberapa kali dalam sehari di Istana.

Akhirnya Jokowi mengungkap rahasia dapurnya lewat video yang diunggah di akun facebook resminya. Terlihat jelas bagaimana Jokowi meracik jamu andalan pria kelahiran Surakarta tersebut.

“Kali ini, saya mengajak Anda semua menengok dapur saya. Maksud saya, dapur tempat mengolah makanan dan minuman di kediaman saya. Tentu atas seizin Bapak Tri Supriharjo, sang . Ia telah bersama saya sejak tahun 2013. Pak Tri begitu paham selera makan saya. Ia juga tahu benar takaran dan racikan ramuan jamu untuk saya. Inilah dapur kediaman saya,” tulis Jokowi pada Minggu (21/5/2017).

Video tersebut berdurasi 1 menit 36 detik yang merupakan wawancara dengan sang , Tri Supriharjo. Dia mengaku berasal dari Karanganyar.

“Bapak itu, yang saya tahu selama ini itu, orangnya sederhana sekali. Yang paling baku Bapak itu kalau pagi itu, jamu, teh pahit,” ujar Tri.

Pada video itu juga terlihat bagaimana Tri menyiapkan jamu untuk Jokowi. Dia memotong bahan-bahan hingga beberapa bagian sebelum direbus dan disajikan.

“Jamunya Bapak terdiri dari temulawak, jahe, lantas kunyit,” papar Tri.

Terungkap pula bahwa porsi jamu untuk Jokowi kini lebih banyak dari sebelumnya. Tetapi tak diberi tahu apakah penambahan porsi itu terkait kegiatan Jokowi yang makin padat karena sudah jadi Presiden RI.

“Nah, tempatnya itu agak besar, kalau dulu mug-nya itu agak kecil, itu potongannya tiga-tiga-tiga-tiga. Tapi sekarang agak banyak,” kata Tri.

Tri menyebutkan bahwa satu porsi jamu untuk Jokowi terdiri dari 8 potong temulawak, 6 potong kunyit, dan 3 potong jahe. Bahkan ada mug khusus untuk jamu Jokowi.

“Cangkir zaman dulu itu loh, yang blirik-blirik hijau, ada yang cokelat. Wah kalau sekarang udah jarang orang pakai. Memang sederhana sekali Bapak itu,” ujar Tri.

https://youtu.be/m-RN9Sr_H1A