Friday, 29 March 2024
HomeKota BogorYuk Ikutan Galang Dana Rehab Masjid Raya Bogor

Yuk Ikutan Galang Dana Rehab Masjid Raya Bogor

BOGOR DAILY– Jelang Ramadhan, kondisi Masjid Raya Bogor masih memprihatinkan. Atap yang bolong-bolong hingga kerap bocor membuat komunitas yang tergabung dalam Bogor Sahabat (Bobats) inisiatif menggalang dana perbaikan masjid. Sembari menunggu perhatian pemerintah setempat.

Sedikitnya memerlukan dana sekitar Rp70 juta untuk perbaikan atap Masjid Raya Bogor. Sementara, saat ini dana yang terkumpul baru setengahnya. “Target kami sampai Rp70 juta. Tapi sekarang baru Rp30 juta,”ujar  Perwakilan Bobats, Gatut Susanta yang didampingi Kapolsek Bogor Bogor Tengah, Kompol Syaifuddin Gayo dan Kapolsek Bogor Timur, Kompol Marsudi Widodo ketika meninjau Masjid Raya Bogor.

Rencananya, perbaikan masjid yang terletak di Jalan Raya Pajajaran itu akan segera dilakukan pekan ini. Sementara itu, Riayah Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Raya Bogor, Boy Koesnan Kusumabrata mengatakan,  pihak DKM sudah berkali kali melakukan tambal sulam untuk memparbaiki atap yang bocor.

Tapi, usahanya itu tidak membuahkan hasil. Hingga kini atap-atap masjid  masih bocor-bocor. “Sebetulnya ini sudah dibetulkan berulang-ulang. Tapi kita ingin cara yang berbeda mengingat kebocoran itu masih ada. Jadi dkm mesjid raya melakukan pemeliharaan,” jelasnya.

Untuk itu, perbaikan segara dilakukan pekan ini mengingat sebentar lagi memasuki bulan ramadan. Perbaikan kata dia, ditargetkan selesai sebelum bulan ramadan untuk menimbulkan rasa nyaman bagi para jamaah yang beribadah di Mesjid Raya

“Alhamdulillah ada kebersamaan untuk sama-sama memperbaiki kebocoran masjid ini,” ucap Boy.

Adapun perbaikan yang dilakukan  adalah pengerjaan penutupan jarak antara kubah dengan atap lantai dua. Menurutnya ada celah sekitar 8 centimeter yang kerap dimasuki air karena terbawa angin dari arah selatan.

“Permasalahan utama kita adalah saluran air, yang talang di atap,” ujarnya.

Pihak DKM sambung dia, juga menggalang dana dari donatur lain untuk bisa mencapai dana Rp70 juta. Meski begitu, biaya ini hanya untuk menyiasati atap yang bocor.

Jika merenovasi atap secara keseluruhan,bisa mencapai angka Rp150 sampai Rp200 juta. “Kami juga mengadakan pengumpulan dana di masjid. Karena untuk tahun lalu dan tahun sekarang belum ada bantuan dari pemerintah” tandasnya.