Tuesday, 23 April 2024
HomeKota Bogor250 Rumah di Bogor Terendam Banjir, Sebagian Rusak Berat

250 Rumah di Bogor Terendam Banjir, Sebagian Rusak Berat

BOGOR DAILY– Hujan deras yang melanda Bogor dan sekitarnya pada Senin 5 Juni 2017 malam mengakibatkan 250 rumah terendam dan puluhan lainnya terdampak longsor di sejumlah titik di wilayah Kota Bogor, Jawa Barat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Ganjar Gunawan mengatakan, bencana dan longsor tersebut melanda tiga kecamatan, yakni Kecamatan Bogor Tengah, Bogor Barat, dan Bogor Selatan.

Ganjar menambahkan, ada enam titik akibat meluapnya Sungai Cipakancilan dengan ketinggain air mencapai 70 hingga 100 sentimeter dan sempat merendam 250 rumah warga.

“Terparah terjadi di Kampung Pulo Empang RT 01, 02, 03, 04 RW 05 Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Ini hanya lintasan, pagi tadi sudah surut,” jelasnya.

Selain , bencana longsor terjadi di lima titik di wilayah Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, yakni di Batutulis, Ranggamekar dan Bondongan yang menyebabkan 22 bangunan terdampak, dengan enam di antaranya rusak berat.

“Sebagian warga sudah mengungsi ke tetangga atau sanak saudara. Saat ini, kami tengah melakukan pengerukan material akibat longsor karena tergerus air sungai yang meluap,” paparnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana untuk selalu berhati-hati, terutama saat hujan deras mengguyur Kota Bogor.

“Kami masih mewaspadai terjadinya bencana dan terus berkoordinasi dengan BMKG untuk melakukan deteksi cuaca dan pemantauan debit Sungai Ciliwung dan Cisadane,” katanya