Friday, 29 March 2024
HomeKota BogorAda Pasar Murah di Bogor, Bawang Putih Cuma Rp25 Ribu/kilo

Ada Pasar Murah di Bogor, Bawang Putih Cuma Rp25 Ribu/kilo

BOGOR DAILY – Kementerian Perdagangan dan Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) didam­pingi PD Pasar Pakuan Jaya (PD PPJ) Kota Bogor menggelar Operasi Pasar (OP) di Pasar Bogor. Delapan ton dijual murah, yakni berkisar antara Rp23 ribu-Rp25 ribu dari harta rata-rata di Kota Bogor yang mencapai Rp44 ribu per kilogram.

Kabid Sarana, Komoditi dan Perda­gangan pada Disperindag Kota Bogor Teddy Setiadi mengatakan harga mencapai Rp51 ribu per kilogram namun sudah berangsur turun menjadi Rp44 ribu per kilogram. Dengan dilakukan OP, di­harapkan dapat menurunkan harga dengan cepat, bahkan dapat menjadi Rp35 ribu per kilogram sebelum Idul Fitri. ­

“Mudah-mudahan dengan OP menurunkan harga bawa­ng putih sebelum Idul Fitri. Harga saat OP Rp25 ribu per kilogram untuk konsumen eceran dan untuk pedagang Rp23 ribu per kilogram den­gan pembelian seorang peda­gang tidak dibatasi,” ujarnya kepada Metropolitan.

OP juga melayani pem­beli eceran meski target penjualan untuk para peda­gang. Eceran dibatasi lima kilogram, sedangkan untuk pedagang se-Kota Bogor bisa satu sampai tiga karung dengan harga di bawah harga pasaran saat ini. “Bawang ini harganya harus turun karena harga standar Rp30 ribu per kilogram,” terangnya.

Sementara Kabag Umum Sekretariat Dirjen Perdagan­gan Dalam Negeri Krisna Ariza mengatakan, kali ini dijual sebanyak dela­pan ton dengan target peda­gang di Kota Bogor. Meskipun belum ada penurunan harga, pihaknya akan menggelar OP kembali tapi dari permintaan Disperindag.

“Terlihat antusias warga dan pedagang banyak yang ber­minat. Ini ada dua antrean, yang satu untuk pedagang dan satu untuk pembeli ecer­an. Saya menargetkan harga di pasaran di bawah Rp30 ribu per kilogram. Jangan sam­pai di atas Rp35 ribu karena memberatkan konsumen. Bagaimanapun caranya ha­rus bisa turun harganya,” pa­parnya.

Di tempat yang sama, Di­rektur Operasional PD PPJ Kota Bogor Syuhaeri Nasu­tion mengatakan, pihaknya mendampingi Disperindag Kota Bogor menyediakan tempat untuk menjual bawa­ng putih dari truk.

“Nah, untuk pedagang yang dari pasar di Kota bo­gor dipersilakan, tergantung dari Disperindag untuk per­mintaan. Tetapi PD PPJ siap mendampingi dan menye­diakan tempat untuk OP ini. Kemungkinan bisa diadakan di Pasar Kebon Kembang,” katanya.

Sedangkan untuk produk lain yang harganya masih cukup tinggi adalah cabai jablay atau rawit merah masih Rp65 ribu per kilogram. Harga daging lokal saat ini stabil, bahkan cenderung turun di pasaran menjadi Rp110 ribu per kilogram. Biasanya harga daging lokal mencapai Rp120 ribu. (Metropolitan)