Saturday, 20 April 2024
HomeKota BogorAsyik, THR PNS dan Dewan Cair. Totalnya Capai Rp25,7 Miliar

Asyik, THR PNS dan Dewan Cair. Totalnya Capai Rp25,7 Miliar

BOGOR DAILY– Hari ini merupakan hari yang paling bahagia bagi 7.598 Pegawai Negeri sipil (PNS) yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Bogor. Hal itu karena gaji ke-14 atau Tunjangan Hari Raya (THR) yang ditunggu-tunggu oleh para PNS tersebut dijadwalkan cair, Rabu (21/6). Tak hanya PNS, 45 anggota DPRD Kota Bogor pun kebagian THR yang dianggarkan Rp25,7 miliar.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKAD) Kota Bogor Anggraeni Iswara mengatakan, Peraturan Pemerintah (PP) tentang pemberian tunjangan kepada PNS telah terbit. Sehingga pihaknya akan melakukan pencairan sesuai dengan amanat PP tersebut. Sampai kemarin, ia masih menunggu pengajuan dari setiap dinas yang ada di lingkungan Pemkot Bogor. “PP-nya sudah ada dan besok (hari ini) akan kita cairkan seluruhnya,” ujarnya kepada Metropolitan.

Besaran THR yang didapatkan PNS tersebut, kata Anggraeni, sesuai dengan gaji pokok para PNS yang diterimanya setiap bulan. Selain itu tidak hanya PNS saja yang akan mendapatkan THR, sejumlah anggota DPRD Kota Bogor juga ikut mendapatkan THR. Dalam APBD, Pemkot Bogor harus menganggarkan Rp3,2 miliar untuk THR anggota DPRD. Karena menurutnya anggota DPRD masuk ke dalam unsur pemerintah. “Termasuk anggota dewan juga mendapatkan THR dan memang itu sesuai dengan PP,” terangnya.

Berbeda dengan PNS dan anggota DPRD, para pegawai honorer atau sukarelawan (sukwan) harus gigit jari karena tak akan dapat THR. Menurut Anggraeni, pegawai honorer tidak masuk dalam PP. “Untuk sukwan tangung jawab dinas yang akan memberikan THR-nya, karena honorer dan sukwan tidak masuk dalam anggaran yang telah disediakan,” paparnya.

Selain THR, PNS pun sudah mendapatkan gaji ke-13 yang diperuntukan bagi anak-anak PNS yang akan masuk sekolah. “Gaji ke-13 sudah turun duluan dan ini sekrang yang terakhir gaji ke 14 untuk tunjangan para PNS,” katanya.