Friday, 29 March 2024
HomeKota BogorCatat! Ini 12 Titik Rawan Macet di Bogor

Catat! Ini 12 Titik Rawan Macet di Bogor

BOGOR DAILY– Satlantas Polresta Bogor Kota mengidentifikasi adanya 12 dan kecelakaan dari hasil pemetaan di kota tersebut dalam rangka menghadapi libur Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

“Kota Bogor merupakan kota perlintasan yang rawan macet dan kecelakaan lalu lintas. Kami melakukan pemetaan beberapa bulan lalu, terdapat 12 titik rawan kemacetan,” kata Kasat Lantas Polresta Bogor Kota Komisaris Bramastyo Priaji di Bogor, Rabu (14/6).

Bram menyebutkan 12 titik rawan kemacetan tersebut paling banyak terdapat di seputar pasar seperti Pasar Medeka, Pasar Bogor Jalan Otista, pasar tumpah Jalan Ma Salmun, Pasar Anyar, Jalan Dewi Sartika, Pasar Gunung Batu, Jalan Siliwangi.

Kemacetan juga terjadi di Jalan Tajur karena banyaknya hambatan di kiri-kanan jalan, terutama adanya proyek pembangunan Tol Bocimi, dan di Jalan Sholis Iskandar karena adanya proyek pembangunan Tol BORR.

“Kemacetan di pasar sudah terjadi sejak dua minggu terakhir,” kata Bram.

Menurut Bram, kepolisian telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi kemacetan. Seperti di Jalan Tajur, pengalaman pada 2016 terjadi penguncian arus terutama saat puncak mudik dan arus balik. Penguncian terjadi karena terlambat mengantisipasi.

Sebelum dan sesudah lebaran, pergerakan di Jalan Raya Tajur berbarengan dengan pergerakan roda empat yang hendak ke Puncak sehingga jalur tersebut cukup padat.

“Perlu diantisipasi, prediksikan kapan arus puncak berangkat dan kembali,” kata Bram.

Selain Tajur, Jalan Sholis Iskandar dan seputar Tugu Adipura, atau keluar gerbang Tol Jagorawi juga cukup padat sehingga perlu dilakukan penambahan dan memperjelas rambu-rambu yang ada.

Selain pengamanan arus mudik sepeda yang melintasi Kota Bogor, pada saat libur lebaran, Kota Bogor juga dipadati kendaraan wisatawan yang ingin berlibur ke Kebun Raya dan sejumlah objek wisata lainnya.

“Situasi saat ini Kebun Raya Bogor tidak memiliki area parkir, pusat kota sudah ada rekayasan lalu lintas dengan sistem satu arah, kita antisipasi titik-titik hambatan,” ujar dia.

Bram menambahkan saat lebaran anggota Satlantas Polresta Bogor tidak libur, semua turun melakukan pengaturan arus lalu lintas dan membantu masyarakat.