Friday, 19 April 2024
HomeKota BogorHari Ini Pendaftaran SMA/SMK Jabar Dibuka Online

Hari Ini Pendaftaran SMA/SMK Jabar Dibuka Online

BOGOR DAILY– Penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMA/SMK dimulai hari ini (6/6). Tahun ini, PPDB dilakukan secara online penuh dan online terbatas.

Maksud online terbatas yakni calon siswa bisa datang ke sekolah yang dituju untuk dibantu masuk ke jaringan PPDB secara daring.

Beralihnya tata kelola SMA/SMK ini tak pelak membuat bingung orang tua calon siswa. Senin (5/6), Dinas Kota Bogor bersama Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS)  mengumpulkan kepala SMP dan operator di setiap-tiap sekolah. Mereka diminta membantu para calon siswa yang masih kebingungan.

“Mulai 6 Juni hingga 10 Juni baru dibuka untuk calon peserta didik melalui jalur non akademis. Jalur ini terbagi menjadi beberapa jalur yang bisa ditempuh yaitu jalur afirmasi prestasi, jalur afirmasi Rawan Melanjutkan (RMP), dan jalur afirmasi perjanjian kerjasama,” ujar Ketua MKKS SMA Kota Bogor Sri Eningsih

Kepala SMA Negeri 1 Bogor itu juga menjelaskan pembukaan pendaftaran secara online dibuka mulai pukul 08:00 di laman web ppdb.jabarprov.go.id. Para calon peserta bisa mendaftar sendiri atau dibantu operator yang sudah disediakan di sekolah asal masing-masing atau kolektif.
Setelah masuk dalam laman web, calon peserta hanya memasukan nomor ujian dan nomor NISN, lalu secara otomatis data peserta muncul seperti nama, alamat, sekolah asal dan juga nilai ujian.

“Usahakan sebelum itu, peserta sudah mempersiapkan hal-hal paling penting, seperti akte kelahiran, kartu keluarga, SKHUN, dan surat pertangungjawaban mutlak orangtua bermaterai. Formnya bisa meminta ke sekolah asal atau bisa didownload di laman web itu, tapi tidak perlu diupload,” tuturnya.