Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaLiburan Berujung Petaka, 6 Wisatawan Digulung Ombak Cikalong

Liburan Berujung Petaka, 6 Wisatawan Digulung Ombak Cikalong

BOGOR DAILY– Niat , sejumlah justru pulang membawa kabar duka. Tak tanggung-tanggung, sebanyak  6 pelancong saat berenang di Pantai Paping Blok Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya, Senin siang (26/6). Dua korban bernama Dindin (8) dan Cepy (24) asal Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya belum ditemukan hingga tengah malam.

Saksi mata, Munaedi (40), warga Cibulakan Kecamatan Singaparna menerangkan, saat itu dia berlibur bersama keluarga untuk makan di tepi Pantai Cikalong. Sekitar pukul 14.00 WIB, keponakannya yakni Cepy, Dindin, Deden Firmansyah (20), dan Yogi (30) pergi bermain ke pantai.

Tak lama berselang, saat membereskan makan dari pantai terdengar teriakan adanya orang yang terseret ombak.
Dia pun berlari ke sumber keramaian itu. Ternyata saat tiba di lokasi yang terseret ombak itu adalah Cepy dan Dindin. Lalu, kedua keponakannya ini ditolong oleh Deden.

Namun, Deden malah sama-sama terseret arus. Selanjutnya, Yogi pun terjun untuk menolong. Namun, nasibnya juga sama seperti Deden. Dia terjebak dalam gulungan ombak yang begitu keras. Melihat situasi itu, Munadi terjun dengan masyarakat untuk menolong keempat lelaki tersebut. Namun, yang berhasil diselamatkan ke darat hanya Deden dan Yogi.

“Sementara dua lagi (Cepy dan Dindin Red) entah ke mana,” terang dia, di Ruang IGD RSUD dr Soekardjo tadi malam.

Menurut dia, saat dievakuasi ke darat, Deden dan Yogi sudah dalam kondisi pingsan. Dia langsung dilarikan ke Puskesmas Cikatomas. Namun, Deden, adik Yogi harus dilarikan lagi ke IGD RSUD dr Soekardjo karena membutuhkan penanganan yang intensif.

Munaedi menjelaskan Deden, Cepy dan Yogi adalah anak kakak iparnya, Ria S Bariah. Sedangkan Dindin adalah anak dari pasangan Endih dan Enung yang juga saudaranya. Mereka semua tinggal di Tundagan Kelurahan Linggajaya Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya.

Dia menambahkan di waktu yang sama, sekitar 30 meter dari lokasi keluarganya terseret ombak, kejadian serupa menimpa dua lain. Yakni Mala Malasari (16) dan Mirna (12) asal Margaluyu Kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya.

Keluarga korban, Ila Lestari (23) menuturkan saat kakaknya, Yogi berusaha menolong Cepy, Deden, dan Dindin seperti tersedot ombak ketika kakinya menginjak pasir pantai.

“Saya juga kaget pertamanya, mendengar pengunjung lain teriak-teriak ada anak-anak terbawa ombak. Ketika dua orang berhasil diselamatkan ternyata keluarga kami,” terang perempuan yang tidak bisa menghentikan tangisnya ini (Jawapos)