Tertimbun Saat Tidur, Korban Hujan Lebat Jadi 134 Orang - bogordaily.net
INTERNASIONAL

Tertimbun Saat Tidur, Korban Hujan Lebat Jadi 134 Orang

BOGOR DAILY- Korban tewas akibat hujan lebat dan tanah longsor di Bangladesh bertambah menjadi 134 orang. Kebanyakan korban tewas tertimbun longsor yang terjadi saat mereka sedang tertidur.

Seperti dilansir AFP, Rabu (14/6/2017), kepolisian setempat memperingatkan bahwa korban tewas masih bisa bertambah. Hal ini seiring para petugas penyelamat berhasil mencapai wilayah terpencil Chittagong Hills, yang akses transportasi dan jaringan teleponnya terputus.

Menurut Manzurul Mannan, pejabat distrik Rangamati yang terdampak paling parah, sedikitnya 98 orang tewas di wilayahnya. “Korban tewas mungkin akan bertambah,” tutur Mannan kepada AFP.

Sedangkan 30 korban tewas lainnya berasal dari wilayah Chittagong dan 6 korban tewas dari wilayah Bandarban. Otoritas setempat menyebut, 15 orang lainnya dilaporkan hilang dan dikhawatirkan terkubur timbunan longsor yang didominasi lumpur.

Kebanyakan korban tewas berasal dari kalangan warga miskin yang tinggal di distrik Rangamati, dekat perbatasan India. Timbunan longsor mengubur ratusan rumah di distrik itu.

Salah satu warga setempat menjelaskan bagaimana tanah di bawah rumahnya bergerak dan bergeser pada malam hari. Warga bergegas berlari keluar rumah saat longsor terjadi dan mengungsi ke rumah-rumah tetangga. “Beberapa keluarga lainnya juga mengungsi ke sana, tapi sesaat setelah fajar, salah satu sisi bukit menimbun rumah. Enam orang masih hilang,” tutur Khatiza Begum kepada situs berita lokal, Bangla Tribune.

Kepala kepolisian distrik setempat, Sayed Tariqul Hasan, menyatakan sebagian besar longsor terjadi pada Selasa (13/6) sebelum fajar menyingsing. “Beberapa dari mereka sedang tertidur di dalam rumah di lereng bukit, ketika tanah longsor terjadi,” ujarnya.

Ribuan warga yang tinggal di kawasan perbukitan diperintahkan untuk mengungsi. Otoritas setempat telah menyediakan 18 kamp penampungan di distrik-distrik yang terdampak parah. Kepala Departemen Penanggulangan Bencana Bangladesh, Reaz Ahmed, menyatakan tim tanggap bencana telah dikerahkan, namun belum menjangkau seluruh wilayah terdampak.

“Begitu hujan berhenti, kita akan mendapat gambaran penuh soal kerusakan dan bisa memulai upaya pemulihan,” tandasnya.

Komentar Anda?

To Top
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu