Friday, 19 April 2024
HomeKota BogorTiap Mau Lebaran, Pemkot Sediakan 40 Lubang Kubur

Tiap Mau Lebaran, Pemkot Sediakan 40 Lubang Kubur

BOGOR DAILY– Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperumkim) menyiapkan sejumlah kuburan untuk mengantisipasi kebutuhan pemakaman pada Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah. Setidaknya ada 40 liang lahat yang disediakan Pemkot Bogor untuk mengantisipasi para pemudik atau masyarakat yang meninggal ketika Lebaran.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pemakaman Toto Guntoro mengatakan, ke-40 makam tersebut tersebar di delapan Tempat Pemakaman Umum (TPU). Di antaranya TPU Kayumanis, TPU Blender, TPU Dreded, TPU Cimahpar, TPU Mulyaharja, TPU Situgede, TPU Cipaku dan TPU Gununggadung.

Masing-masing TPU menyiapkan lima liang lahat atau lubang makam. “Jadi masing-masing TPU disiapkan lima liang lahat. Pembuatan liang lahat sendiri mulai dikerjakan lima hari sebelum Lebaran. Begitu juga nanti ada sepuluh petugas siaga 24 jam di masing-masing TPU,” ujarnya kepada Metropolitan.

Liang lahat tersebut disiapkan untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tak diinginkan seperti korban meninggal kecelakaan lalu lintas saat mudik atau warga yang meninggal saat Lebaran dan korban meninggal lainnya. Hal tersebut menurutnya sudah rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

“Persiapan liang lahat juga dibutuhkan untuk mengantisipasi minimnya petugas atau penggali kubur yang libur Lebaran. Tetapi dari liang lahat yang disiapkan, melihat tahun-tahun lalu yang terpakai itu tidak banyak,” terangnya.

Selain itu dari delapan TPU tersebut, menurut Toto, lahan makam di Kota Bogor masih tersedia cukup luas yakni 20 hektare. Namun khusus TPU Dreded dan Blender, hampir terisi semua karena tingginya jumlah permintaan pemakaman di kedua lokasi tersebut.

“Ya kalau di TPU Dreded dan Blender saat ini lahan makam yang tersisa tinggal sepuluh persen. Upaya pengendalian, kami sarankan untuk menggunakan alternatif TPU lain,” katanya.

sumber: Metropolitan.