Wednesday, 17 April 2024
HomeKota BogorVIDEO: Meriahnya Malam Takbir di Bogor, Ada 200 Meriam Bambu

VIDEO: Meriahnya Malam Takbir di Bogor, Ada 200 Meriam Bambu

BOGOR DAILY– Pemerintah menetapkan lebaran jatuh pada 25 Juni 2017. Warga Desa Cinagara, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, menyambut meriah penetapan Idul Fitri itu dengan menyalakan 200 meriam bambu atau biasa disebut Lodong.

Permainan unik ini merupakan tradisi secara turun-temurun warga Cisalopa, Desa Cinagara dalam menyambut Idul Fitri.

Dari anak-anak hingga orang dewasa memainkan meriam bambu ini bersamaan dengan gema takbir lebaran. Meriam bambu atau juga disebut blecon ini dimainkan seusai salat isya hingga menjelang waktu salat subuh.

“Permainan ini sudah jadi tradisi warga kami di saat ,” Chepy Supriayadi, tokoh pemuda Cisalopa, Kabupaten Bogor, Sabtu 24 Juni 2017 malam.

Dia mengatakan, tradisi ini tak akan dilupakan warga di kampungnya. Karena selain menghibur, permainan ini merupakan simbol keakraban dan kebersamaan warga. Juga sangat lekat dengan kepercayaan warga sejak dulu sebagai syiar agama Islam.

“Membuat meriam bambu ini pun kami lakukan secara bersama-sama,” Chepy menjelaskan.

Sementara di Kota Bogor,  sejumlah tokoh lintas agama turut memeriahkan pawai Bogor Bertakbir yang diselenggarakan Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, bekerja sama dengan Komunitas Bogor Sahabat,

Tampak hadir Romo Endro beserta Romo lain dari Gereja Katedral Bogor ikut dalam iring-iringan pawai Bogor Bertakbir bersama rombongan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto

video: