Friday, 29 March 2024
HomeKabupaten BogorGawat! Kabupaten Bogor Krisis 2.350 Guru SMP

Gawat! Kabupaten Bogor Krisis 2.350 Guru SMP

BOGOR DAILY-Pemerintah Daerah mengatakan, masalah kekurangan staff pengajar atau guru pegawai negeri sipil (PNS) di wilayah Bogor sudah lama terjadi. Untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) kekurangan guru terjadi pada semua mata pelajaran dengan total kekurangan mencapai 2.350 guru.

Menurut Kasubag Umum dan Kepegawaian Dinas Pendidikan Ngudiyanta, jumlah siswa SMP Negeri di wilayah sebanyak 76.611 yang tersebar di 88 sekolah atau 1.992 rombongan belajar (kelas). Dari jumlah tersebut, lanjut dia, dibutuhkan 4.084 guru. Namun saat ini baru ada sekitar 1.734 guru.

“Jadi guru yang kurang itu sekitar 2.350 staff pengajar. Itu yang PNS ya, saat ini kurang guru itu disiasati dengan guru honorer,” jelas Ngudiyanta, Selasa (11/7).

Ngudiyanta mengklaim, untuk mata pelajaran (mapel) SMP ada sebanyak 14 yang semuanya mengalami kekurangan guru. Untuk mapel yang paling banyak kurang, lanjut dia, yakni Bimbingan Konseling dengan total kebutuhan 510 guru. Saat ini baru ada 83 guru saja.

Untuk guru agama sendiri, lanjut dia, total yang dibutuhkan 249 guru, namun baru terisi 112 guru. “Ini kan karena dari 2014 belum ada pengangkatan lagi,” kata dia.

Dia menyebut, kekurangan guru tersebut juga dirilis di situs resmi Dinas Pendidikan yang juga terhubung ke Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kab. Bogor dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB). Sehingga, problematika kurangnya guru dipastikan sudah diketahui oleh pemerintahan pusat.